Inilah 4 Manfaat Vitamin B1 bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Vitamin memang memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Termasuk manfaat vitamin B1 yang ternyata teramat luar biasa. Vitamin B1 atau dikenal sebagai thamina merupakan senyawa yang dikenal pertama kali dan baik untuk metabolism tubuh. Vitamin B1 dapat diperoleh dari berbagai makanan sebagai sumber alami, diantaranya adalah sereal, jeruk, kacang-kacangan, daging sapi, nasi, gandum, ragi serta minuman kesukaan kita yaitu susu. Terpenuhinya kebutuhan akan vitamin B1 sangat berpengaruh pada kinerja otot, saraf, system pencernaan dan organ tubuh lainnya. Inilah mengapa khasiat vitamin B1 ini cukup bagus untuk kesehatan.

Manfaat Vitamin B1 Bagi Kesehatan

Manfaat vitamin b1

Kesehatan merupakan harga mati untuk tubuh kita. Tanpa tubuh yang sehat Anda tidak bisa melakukan beragam aktivitas. Untuk memiliki tubuh sehat serta kuat harus diimbangi dengan konsumsi vitamin yang cukup untuk tubuh. Terdapat beragam vitamin yang harus dipenuhi untuk mengoptimalkan kinerja tubuh, tak terkecuali vitamin B1. Tercukupinya vitamin B1 dalam tubuh sangat membantu kinerja organ tubuh Anda. Akibatnya cukup fatal jika sampai vitamin B1 ini tidak terpenuhi. Nah, berikut ini kami informasikan untuk Anda sejumlah manfaat vitamin B1 untuk kesehatan.

Baca juga :  Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan dan Mencegah Penyakit

1. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang Anda ketahui, penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar di dunia, terutama negara-negara maju. Penyakit ini bisa membunuh sewaktu-waktu sehingga banyak orang meninggal mendadak. Sebelum terjadi sesuatu hal yang dapat membahayakan tubuh, sebaiknya lakukan pencegahan dengan mengetahui manfaat vitamin B1. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Selain vitamin B1, manfaat teh hitam juga bisa mencegah penyakit jantung.

Vitamin B1 mengandung neurotransmitter achetylcolline, yaitu media yang digunakan sebagai penyampai pesan system saraf serta otot guna memastikan kinerja jantung aman dan sempurna. Apabila tubuh kekurangan vitamin tersebut, tentu bisa mengganggu kinerja jantung. Bahkan menurut sebuah riset, orang dengan gangguan jantung akan lebih cepat membaik jika sudah diberi asupan tambahan vitamin B1 selama kurang lebih 7 hari.

2. Mencegah Penyakit Beri-Beri

Vitamin B kompleks memiliki beragam jenis vitamin, termasuk di dalamnya kandungan vitamin B1. Nah, ternyata vitamin B1 inilah yang ada dalam vitamin B yang mana selama ini dikenal sebagai pencegah penyakit beri-beri. Penyakit yang satu ini seringnya mengganggu ketika sedang kekurangan darah, atau anemia. Ciri khas gangguannya yaitu lemas, gangguan pencernaan hingga hilangnya nafsu makan. Poyneutris inilah yang mengganggu saraf sehingga kemampuan motorik seseorang berkurang. Dengan manfaat vitamin B1 inilah, penyakit beri-beri dapat dicegah secara dini dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B1.

Baca juga :  8 Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh


3. Mengoptimalkan Kinerja Otak

Otak merupakan organ tubuh yang paling sering digunakan sebab setiap saat kita menggunakan otak untuk berpikir. Barat mesin kalau sering digunakan tapi tidak dirawat lama-lama cepat aus, begitu pula otak kita. Nah, salah satu manfaat vitamin B1 adalah mengoptimalkan kinerja otak. Menurut penelitian sebaiknya vitamin ini dikonsumsi 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk ibu hamil, 1,4 mg untuk ibu menyusui. Namun jika vitamin tersebut dikonsumsi 50 hingga 1000 mg tidak akan memberikan efek samping apapun. Baca juga manfaat omega 3 yang juga dapat mengoptimalkan kinerja otak.

4. Mengoptimalkan kerja Saraf

Fungsi vitamin B1 ternyata sangat berpengaruh pada kinerja saraf. Saraf merupakan jaringan yang menghubungkan otak dengan system motorik tubuh. Apabila saraf terganggu, maka dipastikan pergerakan tubuh juga akan terhambat. Sekarang ini begitu banyak orang yang terkena gangguan saraf. Bagi Anda yang sayang tubuh, sebaiknya perbanyak konsumsi vitamin B1.

Luar biasa sekali bukan, manfaat vitamin B1? Bahkan bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B1. Sebab vitamin ini sangat membantu produksi asam klorida atau HCL yang dapat memecah lemak, karbohidrat dan protein.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.