Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh serta Efek Sampingya


Manfaat teh hijau untuk diet memang sudah tidak diragukan lagi, sudah banyak yang mencoba dan merasakan manfaat green tea. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali merk teh hijau yang bagus untuk diet, mulai dari teh hijau tong tji, matcha, dan yang paling populer adalah teh hijau kepala jenggot. Harga teh hijau di setiap daerah berbeda-beda, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Produk teh hijau pun sangat mudah di dapatkan, Anda bisa mendapatkannya di toko-toko dekat rumah Anda ataupun membelinya secara online.

Fungsi dan manfaat teh hijau tidak hanya untuk diet. Masih banyak sekali khasiat yang dimiliki minuman ini, seperti manfaat teh hijau untuk kecantikan, kesehatan dan untuk rambut. Pada saat artikel ini di tulis, sudah banyak sekali penelitian yang di lakukan oleh para ahli, hasil dari penelitian itu adalah teh hijau mampu meningkatkan pembakaran lemak. Dengan adanya penelitian tersebut, green tea sangat cocok untuk di konsumsi pada saat anda sedang menjalani program diet.

Manfaat teh hijau dan efek sampingnya

Manfaat teh hijau

Setelah menyimak pembahasan singkat tadi, ini saatnya ada menyimak bagian penting dari artikel ini. Selain membahas manfaat teh hijau, di akhir artikel ini nanti saya juga akan coba mengulas sedikit tentang efek samping minum teh hijau, agar anda bisa memaksimalkannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat green tea yang mungkin belum anda ketahui.

Baca juga :  4 Manfaat Jus Tomat bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

1. Manfaat green tea untuk diet

Minum teh hijau memang di anjurkan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena adanya kandungan polifenol yang mampu membantu proses penyerapan lemak di dalam tubuh. Selain itu juga dapat membakar lebih banyak kalori. Di dalam satu gelas teh hijau ( 250ml ) dapat membakar hingga 40 kalori di dalam tubuh Anda. Namun anda juga harus mengimbanginya dengan berolahraga, agar kalori di dalam tubuh lebih banyak terbakar.

Anda bisa meminum teh hijau tanpa gula, mencampur teh hijau dan madu ataupun memilih merk teh hijau yang sudah teruji kualitasnya. Sedangkan waktu yang paling tepat meminum green tea adalah pagi hari sebelum sarapan, sebelum makan siang dan sebelum makan malam. Perlu anda ingat, mengimbangi pola makan yang sehat juga akan mempengaruhi program diet, jadi tetaplah menjaga pola makan.

2. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit memang penting, memiliki kulit yang indah tentu menjadi dambaan setiap kaum di bumi ini. Teh hijau di percaya mampu melindungi kulit anda dari sengatan sinar ultraviolet, sinar ultraviolet dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit, dengan meminum teh hijau maka secara tidak langsung anda akan terhindar dari ancaman itu. Selain itu, manfaat teh hijau juga bisa menghambat penuaan dini atau kulit keriput.

Tidak hanya itu saja, jerawat juga bisa di atasi dengan teh hijau. Mungkin anda sudah tau, bahwa timbulnya jerawat di akibatkan oleh kotoran-kotoran yang menempel di wajah kita, walaupun ada juga mitos yang mengungkapkan timbulnya jerawat karena sedang memikirkan sesuatu. Anda bisa menyembuhkan jerawat seara alami dengan teh hijau, caranya cukup mudah, yaitu mengkonsumsi teh hijau secara teratur setiap hari. Inysaallah kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau dapat menghilangkan jerawat membandel di wajah anda.

Baca juga :  Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Anda

3. Mencegah berbagai jenis penyakit

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah mencegah tumbulnya berbagai jenis penyakit. Lalu apa saja penyakit yang dapat di cegah?



  • Kanker

Penyakit kanker adalah satu dari banyaknya jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Setiap tahun orang meninggal karena penyakit kanker, semua jenis penyakit kanker itu berbahaya termasuk kanker kulit yang dapat di cegah dengan teh hijau. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu meminum teh hijau secara teratur agar mendapatkan manfaat teh hijau untuk mencegah penyakit kanker kulit.

  • Diabetes

Teh hijau di percaya mampu menetralisir kadar glukosa dalam darah serta menyeimbangkan tingkat metabolisme di dalam tubuh. Anda hanya cukup mengkonsumsi teh hijau rutin untuk mencegahnya. Tentu cara ini lebih mudah di lakukan dan tidak memiliki banyak resiko daripada anda membeli obat-obatan yang belum tau apa saja kandungan di dalamnya. Selain itu, hipertensi, kerusakan hati, kolesterol, asma, flu dan herpes juga bisa di cegah menggunakan manfaat teh hijau ini.

Baca juga :  Manfaat Madu untuk Ibu Hamil serta Janin yang Ada Dalam Kandungan

Efek samping teh hijau

Dari sekian banyak manfaat dari teh hijau untuk kesehatan, ada beberapa efek samping yang perlu anda ingat. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari teh hijau.

Teh hijau mengandung kafein, walaupun kadar kafein yang di miliki teh hijau tidak sebesar kafein yang ada pada kopi, namun tetap memiliki efek pada tubuh yang menyebabkan insomnia. Selain itu juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, gelisah serta tekanan darah tinggi.

Perut kembung juga menjadi salah satu efek samping manfaat teh hijau ini. Sebaiknya anda tidak meminum teh hijau secara berlebihan karena mengandung zat tannin yang dapat memicu perut untuk menghasilkan zat asaam yang lebih banya. Selain itu teh hijau juga tidak baik untuk di konsumsi ibu hamil. Karena kafein yang ada di dalamnya dapat menyebrang kedalam plasenta serta masuk ke dalam sirkulasi di janin.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat teh hijau serta efek sampingnya yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda. Menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan merupakan cara terbaik daripada mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung zat berbahaya. Simak juga artikel manfaat teh hitam yang juga memiliki manfaat dahsyat.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.