Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui


Apa yang terlintas di benak Anda saat melihat jajaran tanaman hias yang tampak rapi berpola di sebuah taman? Cantik? Mewah? Menyenangkan? Lalu, bagaimana dengan tanaman hias mini yang biasanya sering diletakkan di sudut-sudut ruangan sebuah rumah, bahkan sepetak kamar? Hmm, pasti cukup banyak dari Anda yang berfikir apa manfaat dari tanaman kecil yang justru memenuhi ruangan tersebut. Jangan salah ya kawan, tanaman hias sebenarnya dibuat bukan sekedar untuk memanjakan mata dengan keindahan saja. Manfaat tanaman hias bisa dipetik dan berguna baik tanaman hias dengan desain massif seperti taman, ataupun tanaman hias pot mini yang tampaknya kecil dan tertata seperti dekorasi di berbagai sudut ruangan.

Tanaman hias adalah tanaman yang ditata dan dipilih dari berbagai macam tanaman untuk mendapatkan hasil kombinasi yang tampak indah dan menciptakan suasana nyaman. Jenis tanaman yang bisa dipilih menjadi kombinasi tanaman hias tidak terbatas, artinya bisa tanaman apa saja. Namun yang paling banyak digunakan adalah aneka jenis tanaman bunga yang diyakini dapat mengeluarkan aroma terapi dan memberi relaksasi secara visual. Selain digunakan untuk memperindah, ternyata manfaat tanaman hias juga sangat baik untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat merawat tanaman hias untuk kesehatan tubuh, berikut kami rangkumkan beberapa manfaat terpenting yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga :  Ketahui Apa Saja Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan

Manfaat tanaman hias lebih kaya dari warnanya

Manfaat tanaman hiasBukan hanya warnanya saja yang bisa bermacam-macam, manfaat yang akan Anda peroleh dengan menanam dan mendesain tanaman hias alami juga sangat banyak. Diantara manfaat tanaman hias tersebut adalah :

1. Meningkatkan kualitas udara

Dengan memanfaatkan tanaman hias Anda dapat membantu membersihkan kualitas udara di ruangan atau tempat Anda berada. Dengan kualitas udara yang lebih baik, tentu saja orang-orang di sekitar dan tentu Anda sendiri akan terhindar dari tekanan stress yang berlebihan. Selain itu, efek visualisasi cantik dari tanaman hias dapat mengimbangi mata yang lelah. Meskipun tidak banyak, minimal polusi udara dalam ruangan Anda akan terminimalisir berkat tanaman hias. Di siang hari Anda akan mendapat nuansa yang lebih sejuk, sementara di malam hari terasa lebih hangat.

2. Mengurangi debu

Selain kualitas udara, kelembaban suhu di dalam ruangan yang ditanami tanaman hias juga akan meningkat. Karena itulah manfaat tanaman hias juga dapat mengurangi sirkulasi debu yang masuk dalam ruangan tidak sehat. Kelembaban dan suhu yang ideal akan mengurangi debu, mengikatnya, dan otomatis menghindarkan kita dari berbagai ancaman penyakit terutama yang disebabkan oleh dingin dan gangguan pernafasan.

Baca juga :  Daftar Manfaat Ubi Ungu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

3. Bisa hilangkan kantuk

Meskipun menyejukkan namun, manfaat tanaman hias bisa menghilangkan kantuk. Oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman hias bisa memberikan efek segar yang akan me-reset kembali mood Anda yang tengah kelelahan. Ya, oksigen adalah zat yang Anda butuhkan untuk membantu sel aktif dalam tubuh bekerja lebih optimal. Meski begitu, untuk Anda yang tertekan karena insomnia pun bisa memanfaatkan tanaman hias, terutama baunya yang menyegarkan untuk merelaksasi tubuh lelah Anda agar lebih mudah terlelap.



4. Sebagai aroma terapi alami

Meskipun tampak sepele, namun aroma terapi alami yang dikeluarkan oleh tanaman akan memberi efek yang sangat besar terutama dalam gaya hidup Anda. Tanaman hias, terutama yang terdiri dari jenis rempah-rempah dan bebungaan mampu mengeluarkan aroma harum yang ideal, hingga tidak terasa memusingkan di kepala. Aroma terapi memberi efek relaksasi, dan karena itu manfaat menanam tanaman hias juga bisa menjadi strategi pengusir stress. Penyakit-penyakit yang biasa datang ketika sedang tertekan seperti pusing, sakit perut, insomnia, anemia, dan lemas bisa diatasi dengan menanam tanaman hias favorit Anda. Selain mata yang lelah akan lebih segar, udara lebih bersih, aura dalam ruangan juga akan menjadi lebih positif dengan memberikan beberapa pot tanaman hias di sudutnya.

Baca juga :  Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan?

Manfaat tanaman hias memang sangat banyak, namun jangan lupa bahwa Anda juga perlu mengkondisikan ruangan agar tanaman hias yang Anda tanam dapat bertahan hidup. Aturlah sirkulasi udara dalam ruangan Anda agar bisa mendapat sinar matahari dan tumbuh dengan baik. Anda bisa meletakkan tanaman hias di tempat-tempat yang dekat dengan sirkulasi udara, seperti tepi jendela, dan di bawah ventilasi.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.