Kenalilah 5 Manfaat Olive Oil bagi Kesehatan Tubuh Kita


Manfaat olive oil sudah tidak bisa diragukan lagi. Bahkan berabad-abad yang lalu manusia sudah memanfaatkan olive oil untuk berbagai masalah kesehatan. Kandungan fenol dan polifenol dalam olive oil sangat berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit serius seperti kanker dan jantung. Olive oil sendiri merupakan minyak yang diekstrak dari pohon zaitun, sehingga biasa dikenal juga dengan nama minyak zaitun. Kini minyak zaitun atau olive oil ini sudah sangat terkenal dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Manfaat Olive Oil bagi Kesehatan

Manfaat olive oil

Olive oil bukanlah sembarang minyak nabati. Minyak nabati yang satu ini mengandung berbagai macam zat penting seperti lemak tak jenuh tunggal dengan kadar yang sangat tinggi dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut menjadikan olive oil sebagai salah satu obat favorit masyarakat. Kehebatan olive oil bagi kesehatan bisa diaplikasikan untuk obat luar maupun dalam. Sebagai obat luar, olive oil bisa digunakan untuk menangani masalah pada kulit dan rambut. Sedangkan untuk obat dalam, olive oil bisa langsung dikonsumsi, kandungan dalam olive oil sangat baik untuk organ vital pada tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat olive oil bagi kesehatan:

Baca juga :  Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah yang Perlu Anda Ketahui

1. Menurunkan resiko kanker

Di dalam olive oil terkandung sebuah zat bernama fenol. Zat ini berguna sebagai antioksidan. Adapun antioksidan ini sangat penting dalam pencegahan penyakit untuk menghambat proses kanker. Dalam usahanya menurunkan resiko kanker tersebut, fenol bekerja sama dengan asam oleat. Asam oleat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal utama yang terkandung dalam olive oil. Manfaat olive oil yang satu ini tak lain karena fenol dan asam oleat menjadi dua unsur utama penurun resiko berkembangnya kanker kulit, payudara dan usus. Selain olive oil, manfaat buah pir juga dapat mencegah resiko kanker.

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat olive oil selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Seperti yang sudah disebutkan di atas, olive oil mengandung asam lemak tak jenuh tungal dalam kadar yang tinggi. Asam lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fatty Acid, MUFA) biasa disebut dengan lemak baik karena dapat membantu menekan jumlah kolesterol jenis yang jahat (LDL), namun tetap mempertahankan kolesterol yang baik (HDL). Dengan kadar kolesterol yang terkontrol, penyakit jantungpun bisa dihindari. Selain itu, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa polifenol yang terkandung dalam olive oil juga ikut andil dalam menurunkan resiko segala penyakit jantung. Olive oil juga terbukti mampu memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga :  6 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Herbal

3. Mencegah osteoporosis

Manfaat olive oil berikutnya yaitu dapat mencegah osteoporosis atau keropos tulang. Ketika seseorang tidak mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup, tubuh akan mengambil kebutuhan kalsium tersebut dari tulang. Tentu saja hal tersebut memperlemah kerangka tulang dan mengakibatkan kerapuhan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Olive oil mengandung zat kalsium, sehingga dengan mengonsumsi olive oil dapat mencegah penyakit tersebut. Selain itu, olive oil juga mengandung oleupropein atau polifenol utama dalam olive oil yang dapat mencegah keropos tulang yang disertai radang. Zat ini juga dapat memperbaiki kerusakan akibat osteoporosis. Baca juga manfaat susu beruang yang juga dapat mencegah osteoporosis.



4. Mengobati penyakit kulit dan rambut

Manfaat olive oil lainnya yaitu untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit dan rambut. Antioksidan yang dikandung dalam olive oil bertugas untuk mencegah proses oksidasi atau proses kimia yang menghasilkan radikal bebas. Sedangkan radikal bebas tersebut memicu serangan berantai yang merusak sel. Dengan mengkonsumsi olive oil dapat mencegah kerusakan sel tersebut dan menghindarkan kulit dari penuaan dini seperti keriput, mengobati bibir pecah-pecah atau kering, jerawat dan flek hitam. Cara pengaplikasian olive oil dalam hal ini yaitu cukup oleskan olive oil pada daerah yang ingin diobati atau jadikan olive oil sebagai masker.

Baca juga :  Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil, Nomor 7 Sangat Menakjubkan

5. Membuat rambut jadi lebih indah

Selain untuk kulit, olive oil juga berkhasiat untuk rambut. Olive oil bisa digunakan sebagai minyak rambut. Caranya yaitu cukup aplikasikan olive oil pada rambut, tunggu sampai kering dan meresap, lalu bersihkan menggunakan sampo. Manfaat olive oil bagi rambut yaitu bisa menangani masalah rambut rontok, menebalkan rambut, dan mengatasi rambut rusak. Anda juga bisa membaca manfaat seledri untuk rambut agar mendapat referensi lain untuk perawatan rambut.

Nah, itulah 5 manfaat olive oil yang bisa Anda peroleh dari artikel ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini. Memang bahan alami lebih baik daripada obat-obatan yang tentu belum pernah kita ketahui apa kandungan di dalamnya. Jika bermanfaat, bagikan ke teman Anda juga ya.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.