Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rusak dan Cara Penggunaannya


Manfaat minyak zaitun untuk rambut rusak sudah banyak yang membuktikannya. Sebagaimana telah diketahui, minyak zaitun mengandung banyak senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, salah satunya pada bagian rambut. Ada berbagai hal yang berkontribusi terhadap rusaknya rambut, seperti pola makan yang buruk, polusi dan radikal bebas, dan konsumsi obat-obatan.

Selain itu hair styling juga menjadi penyebab rusaknya rambut. Pewarnaan rambut dan berbagai bentuk styling yang lain tidak akan serta merta merusak rambut jika dilakukan sesekali saja. Akan tetapi jika proses hair styling dilakukan terlalu sering, maka akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Minyak zaitun dengan segala manfaatnya ternyata bisa menjadi solusi bagi Anda yang rambutnya telah rusak ataupun rontok.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Rusak dan Cara Menggunakannya

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Rambut yang terlalu sering mengalami proses pengeritingan, pelurusan ataupun menggunakan bahan kimia seperti halnya obat rebounding, bisa memicu timbulnya kerusakan rambut. Minyak zaitun yang mengandung asam lemak dan berbagai senyawa aktif lainnya bisa membantu Anda merawat rambut yang sudah terlanjur rusak. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut rusak :

1. Mengatasi rambut rontok

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut yaitu mampu membantu mencegah dan atau mengatasi rambut rontok. Dengan menggunakan minyak zaitun, rambut yang rontok bisa dikurangi. Memiliki rambut yang rontok merupakan salah satu masalah, karena kita menjadi tidak percaya diri apabila tampil di depan umu. Anda bisa menggunakan cara yang telah kami tulis di bawah. Anda tidak perlu kawatir, cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok juga  sangat mudah.

Cara Menggunakannya
1. Siapkan satu sendok minyak zaitun dan satu sendok teh madu.
2. Campurkan kedua bahan tersebut menjadi sebuah masker.
3. Oleskan masker yang dibuat tadi ke rambut Anda sambil memijat lembut kepala.
4. Diamkan sebentar hingga meresap, kira-kira 15 menit, setelah itu bilaslah dengan shampo.

2. Mengatasi ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang selanjutnya adalah mengatasi ketombe dan kutu yang seringkali bersarang di rambut. Sifat anti bakteri dan juga anti jamur yang dikandung minyak zaitun mampu membantu menghilangkan ketombe dan mematikan kutu rambut. Ketombe memang menjadi masalah yang sering di alami banyak orang selain kerontokan rambut. Untuk anda yang memiliki masalah tersebut dan ingin menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menggunakannya
1. Siapkan air lemon, lada yang sudah ditumbuk dan satu sendok makan minyak zaitun.
2. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam sebuah wadah.
3. Basuhkan perlahan pada kulit kepala secara merata.
4. Setelah itu diamkan selama 20 menit, kemudian cucilah menggunakan shampo kesayangan Anda.

3. Merawat rambut rusak

Merawat rambut yang rusak, pecah-pecah dan bercabang merupakan salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun akan membantu menyehatkan akar rambut dan memberikan kesehatan pada kulit kepala secara menyeluruh. Minyak zaitun akan memberi nutrisi pada kulit kepala sehingga memberikan ruang untuk tumbuhnya rambut dan secara tidak langsung akan membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan berkilau. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Baca juga :  Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah yang Belum Anda Ketahui

Cara Penggunaannya
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat minyak zaitun untuk rambut, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :



  • Siapkan sebuah wadah tertutup.
  • Kemudian masukkan kelopak mawar atau bisa juga diganti dengan melati jika tidak ada.
  • Masukan dua sendok minyak zaitun ke dalam wadah tersebut.
  • Diamkan ramuan tersebut minimal 24 jam.
  • Selanjutnya basahilah rambut dengan air panas agar pori-pori kulit kepala sedikit terbuka.
  • Setelah itu, oleskan ramuan yang sudah dibuat pada kulit kepala, pijat lembut beberapa saat,
  • Setelah itu baru dibilas dengan shampo.

4. Menjadi kondisioner alami

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada manfaat minyak zaitun untuk rambut yang lain. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai kondisioner alami. Kondisioner bukan hanya membuat rambut Anda menjadi lembut, tetapi juga bermanfaat menjaga kelembaban dan kilau rambut. Jika Anda khawatir dengan kondisioner berbahan kimia, Anda bisa membuat kondisioner alami dengan menggunakan minyak zaitun yang tidak terkandung bahan kimia di dalamnya, dan tentu lebih baik daripada anda menggunakan kondisioner berbahan kimia. Simak caranya di bawah ini.

Cara Membuatnya
1. Siapkan 4 sendok minyak zaitun, kuning telur, dan satu sendok air lemon.
2. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah, campur sampai rata.
3. Anda bisa menambahkan sedikit minyak mawar untuk menghilangkan bau amis.
4. Oleskan pada rambut secara merata, dan biarkan selama 15 menit setelah itu baru dibilas.

Demikianlah beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut yang rusak, rontol dan berketombe. Namun sebenarnya manfaat terbaik dari minyak zaitun bisa dirasakan saat diminum, karena akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari dalam. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka akar rambut pun akan lebih sehat. Meminum satu gelas air hangat ditambah perasan lemon atau jeruk nipis dan sesendok minyak zaitun akan menjaga kesehatan rambut Anda dan meningkatkan kekebalan tubuh secara umum.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.