4 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Agar Lebih Sehat


Manfaat minyak kelapa untuk rambut memang sudah lama kita dengar. Masyarakat di zaman dulu, bahkan selalu melakukan perawatan rambut dengan memakai minyak kelapa. Khasiat minyak kelapa untuk rambut ini bisa membantu meningkatkan proses pertumbuhan rambut secara efektif dan alami. Rambut adalah filamen protein yang mati, di mana masing-masing dari folikel ditempatkan pada lapisan bagian dalam kulit. Adapun komponen utama dari rambut itu sendiri disebut sebagai keratin. Kini minyak kelapa sendiri sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Sehat

manfaat minyak kelapa untuk rambut

Di daerah tropis, setiap masyarakat memanfaatkan minyak kelapa yang memiliki khasiat untuk melembabkan rambut. Disebabkan daya kerjanya yang begitu efektif, virgin coconut oil atau minyak kelapa asli/murni sudah banyak dimanfaatkan di berbagai macam produk perawatan spa dan rambut. Ada banyak sekali manfaat minyak kelapa untuk rambut yang bisa Anda peroleh. Minyak kelapa ini sangat aman digunakan untuk menyehatkan dan melembabkan rambut secara alami, mengatasi rambut beruban dan masih banyak lagi. Ada sejumlah kegunaan minyak kelapa untuk rambut lainnya yang bisa Anda coba seperti berikut ini :

1. Mencegah Kehilangan Protein Pada Rambut

Minyak kelapa adalah emolien yang begitu baik, di mana sebagai sumber yang tinggi asam lemak, contohnya asam laurat, asam linoleat dan asam oleat. Adapun asam laurat sendiri sangat efektif untuk meningkatkan proses pertubuhan rambut, hal ini di sebabkan karena memiliki tingkat afinitas tinggi bagi protein rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut ini tak lain karena zat tersebut bisa mengikat protein pada rambut sehingga bisa mencegah hilangnya protein pada rambut secara alami.

Baca juga :  Inilah Manfaat Masker Putih Telur untuk Kecantikan Wajah Anda

2. Meningkatkan Proses Pertumbuhan Rambut

Khasiat dari minyak kelapa untuk rambut berikutnya adalah dapat meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Dalam hal ini, minyak kelapa sangat ideal untuk dijadikan kondisioner alami karena mengandung sejumlah protein yang cukup tinggi. Adapun kemampuannya dalam melembabkan rambut dapat meminimalisir terjadinya risiko rambut rusak, misalnya rambut bercabang dan pecah-pecah. Minyak kelapa memiliki kandungan trigliserida, yakni sebuah molekul lemak dengan sifat seperti minyak alami dari kulit untuk dapat menembus bagian batang rambut serta melindungi rambut terhadap kerusakan.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut khususnya untuk proses pertumbuhan rambut sendiri bervariasi, mulai dari meredakan kerusakan dan kerontokan rambut, sampai benar-benar merangsang pertumbuhan rambut kembali di area kulit kepala yang mana folikel rambut ini menghentikan manfaat alaminya. Anda bisa mulai mencoba menggunakannya dengan cara di bawah.

Cara Mengaplikasikan
Bagi anda yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut dengan minyak kelapa, caranya adalah dengan memanaskan minyak kelapa murni degan cara menempatkan minyak kelapa pada sebuah kotak lalu rendam wadah kotak tadi pada air panas agar mencairkan minyak kelapanya. Setelah itu, aplikasikan minyak dari kelapa yang telah dipanaskan tadi ke seluruh permukaan rambut Anda yang sebelumnya sudah dibasahi, lakukan pemijatan sampai 3 menit lamanya supaya minyak dapat terserap.

3. Menyehatkan Kulit Kepala

Manfaat minyak kelapa untuk rambut berikutnya adalah dapat menyehatkan kulit kepala. Minyak kelapa sendiri dikenal sebagai bahan alami dengan sifat anti bakteri dan anti jamur. Oleh sebab itu, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerusakan atau permasalahan di kulit kepala. Minyak kelapa juga pasalnya bisa mengobati gigitan serangga serta mengatasi jerawat di area kulit kepala. Dalam hal ini, minyak kelapa pun bisa membasmi ketombe dan kutu yang mengganggu area kulit kepala Anda.

Baca juga :  Kenalilah 5 Manfaat Olive Oil bagi Kesehatan Tubuh Kita


Seperti kita ketahui, ketombe berlebihan bisa melambatkan laju pertumbuhan pada rambut melalui pemblokiran bagian folikel rambut. Adapun kandungan dari asam kaprat dijumpai pada minyak kelapa dan mempunyai sifat anti mikroba. Dengan begitu bisa membantu melindungi kulit kepala agar tetap sehat.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah di Area Kulit Kepala

Manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya dapat meningkatkan sirkulasi darah di area kulit kepala. Adapun caranya adalah memijat area kulit kepala memakai minyak kelapa untuk membantu meningkatkan sistem sirkulasi darah di area kulit kepala dengan begitu meningkatkan asupan oksigen menuju folikel rambut.

Adapun sirkulasi darah dengan tepat bisa memastikan asupan nutrisi dengan paskan memadai di area folikel rambut sehingga bisa memicu proses pertumbuhan rambut dengan cepat. Manfaat minyak kelapa untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan cara rutin melakukan pijatan ringan di area kulit kepala memakai minyak kelapa murni.

Di atas merupakan beberapa manfaat yang umum dan sudah banyak di ketahui bahkan di coba oleh sebagian orang, manfaat minyak kelapa lainnya yaitu untuk mengatasi rambut kering, rambut rontok dan bahkan bisa menyehatkan rambut bayi. Menggunakan bahan alami untuk melakukan perawatan rambut memang menjadi nilai plus tersendiri, karena kita tidak perlu kawatir rambut kita menjadi rusak, lain halnya jika anda merawat rambut dengan bahan-bahan yang tidak anda ketahui apa saja kandungan di dalamnya. Itulah tadi sedikit pembahasan tentang manfaat minyak kelapa untuk rambut yang mungkin bisa anda coba di rumah.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.