Manfaat Madu untuk Ibu Hamil serta Janin yang Ada Dalam Kandungan


Madu adalah salah satu produksi alami yang enak dan manis dari lebah. Madu mempunyai banyak manfaat, salah satunya yaitu manfaat madu untuk ibu hamil. Madu merupakan hasil alam yang menyehatkan karena baik untuk kesehatan pada tubuh dan wajah. Jika Anda mengkonsumsi madu maka tubuh Anda akan mendapatkan manfaat yang banyak karena manfaat madu ini sudah teruji secara ilmiah. Selain itu, ibu yang sedang hamil pun dapat menikmati madu ini karena akan sangat berpengaruh positif untuk kesehatan janin dan kesehatan ibu yang sedang hamil. Karena sudah teruji, madu sudah banyak dipakai untuk bahan campuran pembuatan obat herbal.

Manfaat madu untuk ibu hamil dan bayi

Manfaat madu untuk ibu hamil

Pada dasarnya madu yang alami mengandung spora atau zat yang bernama botulisme. Meskipun demikian madu akan aman apabila dinikmati oleh orang yang sudah dewasa termasuk ibu yang sedang hamil. Hal tersebut dikarenakan di dalam usus orang dewasa mempunyai kandungan asam yang banyak mengandung bakteri dan bermanfaat untuk mencegah perkembangan spora bakteri. Sehingga pada wanita hamil dan orang dewasa spora yang ada tidak akan menyebabkan sebuah penyakit karena akan mati ketika sudah berada di dalam usus wanita yang sedang hamil. Sehingga spora tidak dapat mencapai sebuah aliran darah dan tidak akan diteruskan pada janin. Itulah manfaat madu untuk ibu hamil yang mungkin belum anda ketahui.

Baca juga :  Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Sampingnya

1. Sumber antibakteri dan antioksidan

Manfaat madu untuk ibu hamil dan janin tentunya hampir sama. Madu sendiri mempunyai zat yang sifatnya antibakteri dan antioksidan terdiri dari sekitar 181 zat yang beragam antara lain vitamin, asam amino, mineral dan zat enzim. Dengan berbagai zat tersebut maka ibu hamil kesehatannya dapat terjaga dengan baik dan staminanya pun dapat stabil sehingga tidak akan mudah jika terserang berbagai penyakit dan bakteri.

Note : Hal yang perlu di ingat dengan baik yaitu madu mentah yang masih asli dapat menyebabkan penyakit pada seorang bayi yang umurnya di bawah 1 tahun. Hal tersebut disebabkan karena tingkat asam usus bayi masih belum dapat mematikan spora dengan maksimal.

2. Sebagai obat alami

Tidak hanya madu saja yang bermanfaat bagi ibu hamil, buah kurma juga baik untuk di konsumsi ibu yang sedang hamil, jika anda penasaran silahkan baca manfaat kurma bagi ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil lainnya yaitu menjadi alternatif obat. Biasanya jika ibu normal yang tidak hamil apabila terserang penyakit akan meminum obat dengan dosis yang sudah ditentukan. Namun jika ibu yang sedang hamil meminum obat seperti ibu yang normal dapat membahayakan kandungan. Maka dari itu madu dijadikan sebagai alternatif bahan atau obat yang dapat menyembuhkan sakit ibu hamil.

Baca juga :  Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh serta Efek Sampingya

Note : Namun perlu Anda ketahui memang manfaat madu untuk ibu hamil muda sudah terbukti, akan tetapi bagi ibu yang sedang hamil muda dan sakit lebih baik berobat dulu ke bidan. Selain itu, jangan meminum atau mengkonsumsi madu yang berlebihan karena usus pada bayi belum dapat mematikan spora dengan baik.



3. Melencarkan perncernaan, ASI dan gangguan kulit

Madu biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengatasi gangguan pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, manfaat madu juga akan didapatkan pada ibu hamil untuk mengatasi gangguan kulit ibu hamil pada saat sedang hamil atau ketika sudah melahirkan. Pada umumnya madu yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan dapat menambah kekuatan pada ibu hamil. Akan tetapi jika Anda ingin mengkonsumsi madu setiap hari maka konsultasikan kepada bidan Anda terlebih dahulu. Cara mengkonsumsinya dapat dilakukan dengan beragam cara seperti Anda bisa mencampurnya melalui buah atau mencampurnya dengan jus. Karena meminum madu akan dapat melancarkan ASI dan menjaga kondisi ibu hamil tetap sehat dan kuat.

Baca juga :  Ini 5 Manfaat Pocari Sweat bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Tidak hanya manfaat madu untuk ibu hamil saja, namun madu juga memiliki efek samping apabila di konsumsi secara terus menerus tanpa ada aturan yang pas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa madu tidak boleh diberikan pada bayi jika umurnya belum mencapai 1 tahun karena ususnya belum dapat mematikan spora. Sehingga jika ibu hamil mengkonsumsi dengan berlebihan dikhawatirkan akan terjadi hal yang berbahaya pada janin. Itulah bahaya madu untuk ibu hamil jika tidak dikonsultasikan terlebih dahulu kepada bidan.

Itulah informasi mengenai manfaat madu untuk ibu hamil yang memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh. Akan tetapi bagi ibu hamil jika memutuskan untuk mengkonsumsi madu secara rutin konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan Anda agar mendapatkan pengawasan yang tepat. Selain itu, Anda pun bisa membaca artikel lain mengenai manfaat madu untuk rambut yang tidak kalah menariknya.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.