Yuk Simak Manfaat Kurma bagi Ibu Hamil Muda dan Menyusui


Manfaat kurma bagi ibu hamil telah dibuktikan di dalam sejarah. Kurma memiliki manfaat besar bagi ibu yang sedang hamil. Banyak hal yang harus disiapkan untuk menyambut lahirnya sang buah hati, mulai dari persiapan segala kelengkapan hingga persiapan fisik tubuh anda juga butuh ditata dengan matang. Terutama bagi ibu yang sedang hamil pasti mempunyai kondisi berbeda dengan keadaan anda yang seperti biasanya. Dan yang paling penting adalah suplai gizi bagi ibu hamil, agar bayi yang dilahirkan sehat begitu pula dengan ibunya bisa menjalani proses kelahiran dengan lancar.

Manfaat kurma bagi ibu hamil juga bisa di gunakan untuk suplai gizi. Bagi ibu yang sedang hamil tidak cukup hanya dengan susu formula saja, tetapi juga harus di imbangi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Kurma adalah salah satu dari berbagai jenis buah-buahan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Bukan hanya kesehatan saja yang didapat, tetapi dengan memperbanyak makan kurma akan berdampak sangat positif untuk kelancaran persalinan secara normal. Khasiat dari buah kurma juga sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui

5 Manfaat kurma bagi ibu hamil dan menyusui

Manfaat kurma bagi ibu hamil

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kurma juga baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Nah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil dan juga menyusui.

Baca juga :  Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan Wajah dan Rambut Anda

1. Menambah energi bagi ibu hamil

Di dalam sebutir buah kurma terdapat kandungan serat sebanyak 2 sampai 4%, dan serat sebanyak 50 hingga 57%. Dengan kandungan kadar gula yang lebih banyak inilah yang menyebabkan kurma memberikan asupan energi di dalam tubuh anda. Tak hanya sewaktu hamil saja, setelah usai persalinan juga dapat mengonsumsi kurma agar energi yang telah terkuras pada saat anda melahirkan bisa kembali pulih.

2. Memelihara kesehatan dalam pencernaan

Manfaat kurma bagi ibu hamil selanjutnya yaitu melancarkan pencernaan. Pada waktu hamil maka sistem pencernaan anda akan sering terganggu. Dengan memakan kurma ibu yang sedang hamil muda pun tak perlu risau mengenai sistem pencernaan karena buah ini lebih banyak mengandung vitamin dan kandungan glukosa alami dibandingkan dengan buah-buahan lain. Selain itu, buah kurma juga kaya akan serat yang sangat diperlukan untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam perut, dan hal ini tentu juga akan memperlancar sembelit.

3. Melancarkan ASI (Air susu ibu)

Pada waktu bayi sudah di lahirkan, pemberian air susu ibu secara eksklusif sangat disarankan hingga bayi berumur 2 tahun. Karena keistimewaan ASI untuk bayi tidak bisa tergantikan dengan apapun, bahkan susu formula yang paling mahal sekalipun. Dengan banyaknya zat-zat yang bermanfaat di dalam kurma, maka sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang menyusui untuk mengkonsumsinya. Manfaat kurma untuk ibu yang sedang menyusui sangatlah banyak. Selain untuk menambah tenaga, mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan, kurma juga bisa bermanfaat untuk memperlancar keluarnya ASI. Manfaat kurma untuk ibu hamil tidak sampai disini saja, simak uraian manfaat kurma bagi ibu hamil yang ke empat di bawah ini.

Baca juga :  Mitos atau Fakta? Ini 7 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

4. Membantu dalam proses pembentukan gigi

Manfaat kurma untuk ibu hamil juga bisa dirasakan oleh janin yang sedang dikandungnya. Kandungan kalsium pada kurma sangatlah banyak, sehingga dapat membantu proses perangsangan dalam pembentukan gigi pada janin. Oleh sebab itu, agar gigi pada calon anak anda tumbuh dengan cepat, pada saat anda sedang hamil sebaiknya rajin untuk menyantap kurma.



5. Sebagai sumber hormon yang baik

Selain beberapa manfaat yang sudah di uraikan, ternyata masih ada manfaat kurma bagi ibu hamil yang lainnya. Masih banyak kebaikan dari buah kurma ini untuk para ibu yang sedang hamil dan menyusui. Jadi, ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui sangat disarankan untuk menambahkan kurma dalam daftar menu makanan. Mengapa demikian? Karena selain yang sudah diterangkan di atas, kurma ternyata juga banyak mengandung hormon-hormon yang sangat diperlukan bagi ibu yang sedang hamil.

Salah satu manfaat kurma bagi ibu hamil adalah karena kurma memiliki kandungan hormon-hormon yang baik untuk ibu hamil. Hormon yang terkandung pada kurma antara lain Hormon Potuchin. Hormon potuchin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengurangi adanya pendarahan setelah proses persalinan. Karena hormon ini bisa mengikat rahim dan juga otot rahim. Hormon tersebut juga dapat mempercepat peregangan pada pembuluh darah vena di sekitar payudara ibu hamil, sehingga akan menghasilkan ASI (air susu ibu).

Baca juga :  10 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat kurma bagi ibu hamil yang lainnya yaitu untuk merangsang peregangan pada otot polos di dinding rahim. Kurma juga mengandung hormon oksitosin. Hormon oksitosin inilah yang berguna untuk merangsang peregangan pada otot polos pada dinding rahim semasa coitus hingga melahirkan, hal inilah yang dapat membantu kelancaran dalam proses melahirkan. Hormon ini juga bisa menyatu dengan sel saraf dengan cara peregangan otot secara bertahap dan teratur, sehingga berakibat pada leher rahim yang menjadi luas dan proses kelahiran pun akan menjadi lancar.

Itulah beberapa contoh manfaat kurma bagi ibu hamil dan menyusui. Masih ada banyak lagi manfaat kebaikan lainnya yang terkandung didalam kurma. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah kurma sebagai hidangan tambahan yang wajib. Demikianlah informasi mengenai manfaat kurma ini.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.