Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Perut dan Saluran Pencernaan


Manfaat kunyit untuk kesehatan perut sudah diketahui oleh banyak orang. Kunyit dikenal sebagai obat alternatif sejak jaman nenek moyang kita. Saat ini para ahli di bidang kesehatan alternatif mengenal kunyit sebagai anti–inflamasi, mampu menyembuhkan luka dan batuk yang disertai demam. Kunyit juga diketahui mengandung fitonutrien dan antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Senyawa- senyawa tersebut membantu memperkuat sistem kekebalan dari tubuh kita. Namun yang mendapat perhatian paling banyak dari para ahli adalah senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit.

Kandungan kurkumin di dalam kunyit merupakan zat yang menyebabkan kunyit berwarna kuning. Kurkumin ternyata merupakan antioksidan, antimikroba, anti glikemik dan anti-inflamasi yang sangat kuat, yang secara sistematis mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker dan diabetes. Namun ternyata masih banyak manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu untuk kesehatan perut khususnya saluran pencernaan.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Perut dan Saluran Pencernaan

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Kunyit sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita untuk mengobati berbagai masalah dalam sistem saluran pencernaan kita. Kunyit yang dikenal mengandung sifat anti-inflamasi terbukti mampu membantu perut kita untuk menjaga tingkat keasaman dari lambung kita agar tetap terkendali, yang jika terlalu banyak dinyatakan dapat membahayakan. Selain itu, manfaat kunyit untuk kesehatan juga bisa dilihat dari kemampuannya meringankan gejala yang disebabkan karena adanya peradangan dalam sistem pencernaan kita.

Baca juga :  4 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Agar Lebih Sehat

1. Menjaga kesehatan perut dan pencernaan

Beberapa khasiat kunyit untuk kesehatan perut dan sistem pencernaan telah dibuktikan melalui serangkaian penelitian oleh para ahli farmakologi. Berbagai penelitian yang dilakukan para ahli telah membuktikan manfaat kunyit buat kesehatan bahwa kunyit membantu proses pelepasan empedu, dimana proses ini diyakini membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih baik. Kunyit mampu menstimulasi kandung empedu agar melepaskan empedu. Empedu berperan penting dalam proses pencernaan, terutama dalam proses penyerapan lemak dan juga vitamin larut lemak pada usus kecil.

2. Menjaga kesehatan lambung

Selain itu, manfaat kunyit untuk kesehatan perut juga terlihat dari kemampuannya mencegah terjadinya penumpukan gas di lambung kita. Kunyit mampu mengkondisikan sistem pencernaan pada bagian atas agar tidak terpenuhi dengan gas. Kunyit juga mampu membantu meningkatkan proses penyerapan usus. Tak hanya itu, kunyit juga diketahui mampu mengurangi sering kambuhnya penderita Colitis dri serangan Colitis. Colitis merupakan penyakit saluran pencernaan yang bersifat kronis dan sering kambuh, karena penderita penyakit ini sulit untuk dapat sembuh total. Studi terhadap penderita kolitis ulserativa yang diberi treatment menggunakan kunyit menunjukkan bahwa penderita yang diminta mengkonsumsi kunyit ternyata menunjukkan tingkat kekambuhan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kunyit.

Baca juga :  Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rusak dan Cara Penggunaannya


3. Sebagai pelindung lambung dan usus

Makanan yang kita konsumsi berpotensi untuk menyebabkan terjadinya kerusakan di sistem pencernaan kita. Setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang bersifat korosif, dan bisa membahayakan dinding lambung serta usus. Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan sistem pencernaan kita adalah kunyit mampu meningkatkan lendir mukosa pada dinding lambung dan usus dan bertindak menjadi lapisan pelindung bagi lambung dan usus. Selain itu, kunyit juga mampu membersihkan sistem pencernaan kita dari bakteri berbahaya. Masyarakat di berbagai negara yang sering mencampurkan kunyit dalam masakannya ternyata memiliki kasus lebih rendah pada masalah pencernaan, sebagian karena efek anti bakteri yang dikandung oleh kunyit. Mereka merasakan khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh sangatlah besar.

4. Mengatasi sembelit

Manfaat kunyit untuk kesehatan pencernaan yang lain adalah kunyit mampu mengatasi dari gangguan sembelit. Kunyit membantu melancarkan gerakan peristaltic dari usus besar, sehingga gerak makanan dalam proses pencernaan menjadi lancar. Dengan demikian akan menjauhkan kita dari masalah kesulitan BAB ataupun sembelit. Lancarnya BAB bisa mengurangi resiko terkena wasir dalam jangka panjang. Kunyit juga mampu bertindak sebagai diuretik alami untuk membantu tubuh membersihkan diri dari cairan yang berlebih.

Baca juga :  Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Obat Tradisional dan Efek Sampingnya

Cara Mengkonsumsi kunyit

Berikut cara mengkonsumsi kunyit untuk menjaga kesehatan tubuh. Ambil beberapa potong kunyit yang masih segar sebesar ibu jari, kemudian bersihkan kulit arinya dengan menggunakan sendok atau pisau dapur. Setelah itu, parutlah kunyit tersebut. Kemudian saring dengan menggunakan kain bersih atau saringan halus sambil ditekan-tekan. Kemudian, tambahkan air hangat sebanyak satu gelas. Anda bisa menambahkan jeruk nipis dan 1 sdm madu asli untuk menambah khasiat dan rasanya. Apabila Anda tak memiliki madu, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan gula merah. Minumlah satu gelas setiap hari, rutin 2-3 kali dalam seminggunya.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan perut kita. Silahkan baca artikel lainnya tentang manfaat kunyit untuk wajah yang tak kalah menarik untuk Anda simak. Semoga bermanfaat.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.