Manfaat Kunyit untuk Wajah Berjerawat dan Cara Membuatnya


Manfaat kunyit untuk wajah yang berjerawat belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Pada umumnya, masyarakat mengetahui kunyit sebagai bumbu dapur atau untuk mengobati penyakit tertentu. Kunyit merupakan tanaman rempah asli yang banyak ditemukan di dataran Asia Tenggara. Kunyit sendiri sudah dimanfaatkan selama ratusan tahun untuk pengobatan penyakit tertentu oleh masyarakat kita.

Berbagai manfaat kunyit untuk tubuh tersebut bisa didapatkan karena kunyit memiliki kandungan senyawa aktif berkhasiat obat yang sering disebut kurkuminoid, terdiri dari senyawa kurkumin dan senyawa desmetoksikumin. Kedua senyawa tersebut dikenal sebagai antioksidan, anti glikemik, antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat, yang mampu memperbaiki dan memperkuat sistem dari kekebalan tubuh manusia.

Manfaat kunyit untuk wajah anda yang cantik

Manfaat kunyit untuk wajah

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat kunyit untuk kecantikan wajah juga sudah tidak diragukan lagi. Manfaat kunyit untuk wajah yang sedang mengalami peradangan sudah terbukti. Kulit tubuh manusia terutama kulit wajah mempunyai pori-pori yang rawan terisi oleh berbagai partikel, antara lain sel-sel kulit yang telah mati, kotoran, debu, dan juga keringat. Pada saat pori-pori terisi dengan zat-zat asing tersebut, maka daerah di mana pori-porinya tersumbat akan memunculkan kecenderungan terinfeksi oleh bakteri. Infeksi bakteri ini yang sering memicu timbulnya peradangan dan pembengkakan, yang pada tahap selanjutnya berkembang menjadi nanah. Inilah yang oleh banyak orang disebut dengan jerawat.

Baca juga :  Kandungan dan Berbagai Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

Manfaat kunyit bagi wajah berjerawat

Pengobatan jerawat biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu menghambat dan mencegah proses terjadinya infeksi bakteri. Kemudian meredakan inflamasi dan setelah itu membuang kotoran yang menyumbat pori-pori wajah secara menyeluruh. Itulah mengapa metode paling efektif untuk mengobati jerawat adalah memberi obat yang mengandung antibakteri, antiseptik, anti-inflamasi dan juga mempunyai efek menenangkan. Dan ternyata berbagai penelitian menunjukkan bahwa kunyit mengandung berbagai senyawa tersebut yang mampu mengobati jerawat. Manfaat kunyit untuk wajah berjerawat ini terbukti karena salah satu kandungan aktifnya berfungsi sebagai anti bakteri, antiseptik dan anti-inflamasi, sehingga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat jerawat.

Anti-inflamasi yang terkandung pada kunyit, jika diaplikasikan pada wajah yang berjerawat bisa membantu mengurangi iritasi dan kemerahan yang ditimbulkan karena jerawat. Sementara itu antiseptik bisa membantu membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang memicu timbulnya jerawat. Apabila jerawat yang timbul karena kelebihan minyak pada kulit wajah, kunyit bisa membantu untuk menyerap keringat pada kulit wajah. Karena senyawa utama yang dikandung oleh kunyit, yaitu kurkumin sudah terbukti ampuh secara farmakologis sebagai antioksidan, analgesik, astringent, dsb. Oleh sebab itu, selain manfaat kunyit untuk wajah berjerawat, kunyit yang dikonsumsi secara rutin bisa membuat daya tahan tubuh semakin kuat.

Baca juga :  Cari Tau Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Cara mengobati jerawat menggunakan kunyit

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat dengan menggunakan kunyit. Metode ini juga sudah banyak di gunakan oleh masyarakat indonesia. Selain mudah di temukan, ramuan kunyit untuk wajah juga tidak kalah bagus dengan cream wajah yang beredar di pasaran.

1. Minuman ramuan kunyit

Cara yang pertama, siapkan satu gelas susu hangat beserta satu sendok kecil kunyit yang sebelumnya telah dihaluskan atau jika ingin lebih praktis bisa menggunakan kunyit serbuk. Kemudian masukkan kunyit ke dalam gelas yang berisi susu, aduk rata hingga warna susu berubah menjadi kuning. Minumlah ramuan ini setiap hari menjelang tidur. Ramuan ini bisa membantu kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan akibatnya tubuh menjadi lebih kuat dan lebih kuat dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sehingga jerawat yang membengkak pun bisa segera sembuh. Manfaat kunyit untuk wajah bisa Anda rasakan jika Anda mau merutinkan cara ini.



2. Membuat masker kunyit

Cara kedua, menggunakan kunyit sebagai masker untuk membersihkan noda membandel akibat jerawat. Cara membuat masker kunyit, yaitu siapkanlah 2-3 sendok kecil kunyit yang telah dihaluskan, 1-2 tetes Virgin Coconut Oil atau minyak zaitun atau jika tidak ada bisa menggunakan minyak jojoba, serta 1-2 tetes air lemon. Kemudian campurkanlah ketiga bahan yang sudah disiapkan tadi, selanjutnya gunakanlah campuran tersebut sebagai masker. Oleskan rata pada wajah terutama yang ada bekas jerawatnya, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit sampai bahan-bahan tersebut meresap pada wajah. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Anda akan merasakan manfaat kunyit untuk wajah yang sangat menakjubkan jika menggunakannya secara teratur seminggu sekali.

Baca juga :  Inilah Manfaat Masker Putih Telur untuk Kecantikan Wajah Anda

3. Meminum kunyit secara langsung

Cara ketiga, oleskan kunyit secara langsung di wajah Anda, terutama pada bagian yang ada jerawatnya atau ada bekas jerawatnya. Cara ini efektif untuk mengobati dan mencegah datangnya kembali jerawat membandel di area wajah. Caranya, campurkan kunyit yang telah dihaluskan secukupnya saja dengan air, namun jangan terlalu encer. Selanjutnya oleskan pada bagian wajah yang terserang jerawat. Itulah manfaat kunyit untuk wajah berjerawat. Selain harganya yang murah, Anda juga lebih aman karena terbuat dari bahan alami.

Nah, setelah menyimak artikel manfaat kunyit untuk wajah, anda mungkin sekarang jadi penasaran untuk mecoba khasiatnya. Namun saya sarankan, anda jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, dan anda pun bisa merasakan betapa dahsyatnya khasiat kunyit bagi wajah. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.