Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


Pisang adalah buah yang dapat tumbuh di Negara tropis dengan baik seperti Indonesia. Selain mudah didapatkan, pisang juga memiliki rasa yang bervariasi sesuai dengan jenisnya. Berbagai jenis pisang yang ada memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena kandungan gizi yang ada. Namun demikian, kulit pisang yang tidak kita ikut konsumsi ternyata masih memiliki banyak kegunaan. Manfaat kulit pisang juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

4 Manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh

Manfaat kulit pisang

Manfaat kulit pisang kini telah diteliti oleh banyak pakar kesehatan untuk mengobati penyakit secara alami. Hal tersebut karena kandungan vitamin dan mineral pada kulit pisang yang masih cukup tinggi. Kandungan vitamin kulit pisang antara lain vitamin B, vitamin B6, dan vitamin C. Selain itu, pada kulit pisang juga masih terkandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, fosfor, zat besi, dan kalium. Berikut ini beberapa manfaat kulit buah pisang untuk yang perlu kita ketahui.

Baca juga :  Ini Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Diet Sehat Alami

Mengatasi masalah eksim

Penyakit eksim pada kulit ditandai dengan permukaan kulit yang berwarna putih kemerahan seperti terkena iritasi yang parah. Pada beberapa orang, gejala yang timbul juga disertai dengan rasa perih dan gatal pada kulit. Manfaat kulit pisang bisa didapat dengan menggosok pada bagian yang terjangkit. Dengan frekuensi pemakaian yang tinggi, penyakit eksim yang akan timbul bisa hilang dengan sendirinya.

Mengobati penyakit kutil

Manfaat kulit pisang bisa menghilangkan penyakit kutil yang sangat merusak penampilan bila tumbuh di tempat terbuka seperti pada wajah atau tangan. Meskipun tidak berbahaya, namun akan sangat menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, kita bisa menutup kutil dengan kulit pisang pada saat akan tidur dan kita buka saat bangun. Cara lain yang dilakukan adalah dengan menggosok kutil menggunakan kulit pisang sekitar 15 menit setiap hari hingga kutil menghilang.

Mengobati jerawat

Kegunaan kulit pisang yang lainnya adalah untuk mengobati jerawat secara alami. Jerawat dan bekas jerawat bisa mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, kita bisa menggosok jerawat atau bekas jerawat dengan menggunakan kulit pisang selama 10 menit secara rutin. Lakukan hingga kulit pisang bagian dalam berwarna gelap, bila perlu ganti dengan kulit pisang yang baru. Setelah digosok, tunggu hingga 1 jam kemudian bilas dengan air hangat untuk mendapatkan manfaat kulit pisang. Anda juga bisa mengobati jerawat dengan manfaat madu untuk kulit wajah.

Baca juga :  Ini Manfaat Timun untuk Wajah Anda agar Lebih Cantik & Sehat


Mengatasi kulit memar dan iritasi

Apabila Anda mengalami memar atau iritasi pada kulit, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kulit pisang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan kompres pada bagian yang terluka. Tekstur kulit pisang yang lembut dan dingin akan membantu bagian yang memar untuk lebih rileks. Selain itu kandungan antioksidan kulit pisang dapat mempercepat regenerasi kulit yang mengalami iritasi hingga bisa lebih cepat tumbuh.

Kulit pisang tidak hanya digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi masalah kulit saja. Kulit pisang juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi depresi. Memanfaatkan kulit pisang untuk pengobatan ini bisa dilakukan dengan merebus jus kulit pisang dan meminumnya dalam keadaan hangat. Kulit pisang yang memiliki kandungan triptofan dipercaya dapat menaikkan serotonin dalam tubuh, hingga dapat membuat emosi menjadi lebih stabil.

Manfaat kulit pisang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Jadi, sangat disayangkan bila dibuang begitu saja. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kita harus melakukan perawatan secara rutin. Secara umum, untuk mengatasi gangguan kulit bisa dilakukan perawatan selama 7 sampai 15 hari. Namun, lamanya perawatan akan ditentukan oleh kondisi tubuh dan tingkat gangguan yang ada.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.