Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya


Jambu biji adalah buah yang sedari dulu terkenal sebagai buah penuh khasiat. Mulai dari diare sampai antioksidan semua diatasi oleh buah yang bernama jambu. Karena tekstur seratnya yang cukup kasar dan penuh biji, terkadang banyak orang yang merasa kesulitan untuk mengkonsumsi buah jambu secara langsung. Namun karena manfaat jus jambu biji ini sangat banyak, manusia pun tak hilang akal mencari cara bagaimana bisa menikmati buah jambu biji dengan mudah, dan muncullah trend baru yang bernama jus. Berbagai jenis buah dikonsumsi dan dikombinasikan ke dalam bentuk minuman cair yang bernama jus.

Berjuta manfaat jus jambu nan lezat

Manfaat jus jambu

Bisa dikatakan jambu adalah buah dengan kandungan vitamin yang sangat kaya, lebih kaya dari buah impor semacam kiwi atau strawbery. Dengan mengkonsumsinya, akan lebih banyak manfaat jus jambu yang bisa diserap oleh tubuh kita. Banyak jus yang baik untuk kesehatan, seperti manfaat jus apel yang pernah saya tulis. Apa sajakah manfaat dari jus jambu ini? Berbagai macam hal baik yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi segelas jus jambu tiap harinya adalah :

Baca juga :  8 Manfaat Buah Naga Putih untuk Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui

1. Jus jambu sebagai antioksidan

Manfaat jus jambu yang paling dicari adalah antioksidannya, terutama untuk wanita yang ingin memiliki kulit serah nan wet muda. Jambu biji mengandung banyak sekali vitamin C dan baik untuk mendukung sintesis kolagen dalam tubuh. Senyawa antioksidan selain vitamin C dalam jambu biji diantaranya terdapat kandungan polivenol dan flavonoid, seperti beta karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa tersebut merupakan antioksidan yang berguna dalam mengurangi resiko kanker tertentu, dan tentu saja menjadi pencegah kerusakan sel akibat yang terjadi karena radikal bebas.

2. Manfaat jus jambu untuk pencernaan

Jambu biji adalah buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi, karena itu tentu baik untuk melancarkan pencernaan. Selain bisa melancarkan pencernaan serat juga berguna untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan serat bisa melindungi selaput lendir usus ketika terkena paparan racun, serta juga bisa mengikat kandungan bahan-bahan kimia penyebab kanker di usus besar dan mengeluarkannya bersama limbah. Karena itu jus jambu juga baik dikonsumsi oleh orang tua yang memiliki masalah dengan pencernaan.

Baca juga :  8 Kedahsyatan Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

3. Dapat meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Jambu biji terutama yang berwarna merah mengandung betakaroten dan Vitamin A yang cukup tinggi. Dua zat ini memiliki manfaat utama dalam menjaga kesehatan mata atau penglihatan dan juga kulit. Vitamin A juga berguna dan diperlukan untuk menjaga produktifitas selaput lendir dan menyegarkan sel kulit. Jika Anda mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan zat bekaroten, juga akan berguna untuk melindungi tubuh Anda dari bahaya kanker paru-paru. Manfaat jus jambu bisa merawat tubuh Anda baik dari luar ataupun dari dalam.



4. Jus jambu dapat menstabilkan tekanan darah

Selain baik untuk lambung dan pencernaan, ternyata jus jambu juga merupakan buah yang berguna untuk membantu menjaga tekanan dalam tubuh. Senyawa yang banyak terdapat dalam buah jambu biji adalah kandungan elektrolit yang bernama Kalium. Kandungan kalium ini memiliki manfaat dalam membantu menjaga tekanan darah khususnya penderita darah tinggi, karena bisa meredam dampak dari natrium.

Untuk membantu Anda mendapatkan manfaat jus jambu yang baik, inilah resep jus jambu yang sangat bergizi untuk dikonsumsi. Cara membuatnya pun sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu Anda.

Baca juga :  Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan Wajah dan Rambut Anda

Resep jus jambu biji sehat

Bahan-bahan:

  • 1 buah jambu biji
  • 1 buah jeruk manis
  • 1 buah wortel
  • 100 ml air es

Cara membuat jus jambu :

  • Cuci bersih jambu, jeruk manis, dan wortel, kemudian kupas jeruk dan buang bijinya. Atau lebih praktis Anda bisa memotong jeruk menjadi dua bagian lalu peras airnya. Sisihkan air perasan jeruk dalam gelas khusus.
    Kupas wortel kemudian potong kecil-kecil agar mudah hancur saat diblender.
  • Masukkan semua bahan jus jambu sehat ke dalam gelas blender. Tambahkan kira-kira setengah gelas air es, atau es batu serut.
  • Nyalakan blender lalu proses semua bahan jus dengan kecepatan sedang. Kecepatan sedang berguna untuk menghasilkan jus dengan tekstur lebih halus.
  • Saring jus sebelum diminum.

Manfaat jus jambu sangat banyak dan bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh secara konsisten jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin. Selain jambu biji, buah lain yang juga mengandung kalium cukup banyak adalah buah pisang. Baca juga manfaat kunyit untuk kesehatan yang tidak diketahui semua orang.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.