Penasaran Apa Saja Manfaat Daun Sirih bagi Wanita? Baca Ini


Manfaat daun sirih bagi wanita memang sudah sangat dikenal sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Sehingga tidak heran jika setiap rumah khususnya rumah yang ada di daerah pedesaan atau rumah para orang tua pasti memiliki pohon sirih. Kandungan minyak astiri yang tinggi mampu mematikan kuman, anti radang, anti jamur serta anti oksidasi. Oleh karena itu, daun sirih menjadi bagian yang tidak terpisahkan khususnya untuk para wanita yang ingin memiliki tubuh sehat secara alami.

Macam-macam Manfaat Daun Sirih bagi Wanita

Manfaat daun sirih bagi wanitaSecara umum terdapat dua macam daun sirih yakni sirih merah dan sirih hijau. Khasiat daun sirih baik itu yang merah atau hijau sama baiknya untuk tubuh namun umumnya daun sirih hijau yang lebih sering digunakan. Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari mengonsumsi daun sirih hijau untuk para wanita:

1. Mencegah dan menghilangkan bau tidak sedap pada organ intim

Bagi Anda yang merasa kurang nyaman akibat bau yang kurang sedap yang berasal dari organ vital, cobalah mengonsumsi rebusan daun sirih. Caranya juga sangat mudah, yakni cukup merebus 2 gelas air dan 10 lembar daun sirih hijau yang sudah tua hingga tersisa setengahnya saja. Setelah itu minum airnya saat sudah hangat dan nikmati manfaat daun sirih bagi wanita. Untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukan secara rutin seminggu 3 kali.

Baca juga :  Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Mencegah kehamilan

Manfaat daun sirih bagi wanita selanjutnya adalah menunda kehamilan. Manfaat yang satu ini mungkin sangat berguna bagi Anda yang ingin menjalani program KB secara alami. Caranya cukup tumbuk 20 gram daun sirih dengan 5 gram kayu rapet, dan 5 gram jenitri. Setelah itu, masukkan perasan 1 buah jeruk nipis dan 1 buah nanas muda. Konsumsi hasil ramuan tersebut pada siang hari dengan 20 gram tape ketan hitam.

3. Menghilangkan keputihan

Keputihan memang cukup menyebalkan terlebih jika keputihan tersebut banyak dan berbau. Namun, ternyata salah satu manfaat daun sirih bagi wanita adalah untuk menghilangkan keputihan. Anda cukup menyiapkan 10 lembar daun sirih, 2 liter air, 1 ruas kunyit, 1 ruas bangle, dan 1 jari krangean. Kupas dahulu kunyit dan bangle kemudian potong kecil-kecil. Setelah itu, rebus semua bahan-bahan tadi hingga mendidih. Gunakan air rebusan tadi sebagai obat oles pada bagian kewanitaan pada pagi dan sore. Manfaat kulit manggis juga dapat mengatasi keputihan, anda juga bisa mencobanya.

Baca juga :  Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Obat Tradisional


4. Mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak

Manfaat daun sirih bagi wanita lainnya adalah untuk mengatasi keluarnya darah haid yang terlalu banyak. Haid memang menjadi hal wajar yang pasti dialami oleh setiap wanita. Bagi Anda yang mengeluarkan darah haid terlalu banyak bisa menggunakan daun sirih sebagai solusi. Caranya cukup dengan menumbuk 10 gram kunyit, 3 lebar daun sirih, dan 1 potong gambir. Kemudian peras airnya hingga ½ gelas lalu minum secara teratur. Air perasan ini tidak hanya mampu mengurangi banyaknya darah yang keluar saat haid tetapi juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul selama haid berlangsung.

Khasiat daun sirih lainnya

Sebenarnya selain keempat manfaat daun sirih bagi wanita seperti yang sudah disebutkan di atas masih terdapat banyak sekali manfaat dari daun sirih. Manfaat tersebut seperti mengobati rasa gatal yang muncul pada daerah intim wanita. Tidak hanya itu, daun sirih juga mampu mengurangi bau badan, bau muut, dan menjaga kesehatan gigi serta gusi.

Baca juga :  Manfaat Daun Ubi Jalar yang Baik bagi Kesehatan Tubuh Kita

Itulah beberapa khasiat daun sirih bagi wanita yang bisa Anda peroleh. Setelah mengetahui ini, tentu anda di harapkan tidak menganggap remeh daun ini, terutama bagi para wanita. Karena manfaatnya cukup baik untuk wanita. Selain itu, Anda juga bisa membaca artikel manfaat jeruk lemon untuk kecantikan wajah dan rambut Anda.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.