Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional


Daun pepaya yang selama ini kita kenal dijadikan sebagai makanan seperti gudeg daun pepaya, pecel dan sebagainya walaupun rasanya pahit namun ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat daun pepaya adalah untuk kesehatan kita yaitu untuk menambah nafsu makan. Di dalam daun pepaya juga terdapat kandungan vitamain C, D, A, E, B dan juga kalsium. Kandungan ini cukup baik untuk menjaga kesehatan dan dapat mencegah radikal bebas.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Manfaat daun pepaya

Walaupun daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun tumbuhan ini memiliki kandungan yang cukup banyak dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap fit. Bagi anda yang tidak suka dengan rasanya, maka cobalah mulai sekarang untuk menyukainya agar anda juga dapat merasakan manfaat daun pepaya yang luar biasa.

1. Untuk mencegah kanker

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah sebagai anti kanker. Kanker merupakan salah satau penyakit yang sulit untuk di sembuhkan, kalaupun bisa di sembuhkan tentu biaya pengobatannya tidak murah. Namun, dengan adanya daun pepaya anda bisa mencoba pengobatan tradisional dengan daun ini. Zat anti kanker yang terdapat pada getah putih daun pepaya sangat efektif untuk melawan penyakit kanker.

Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan manfaat daun pepaya sebagai obat tradisional. Karena dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, daun pepaya memiliki sifat anti kanker, baik itu kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru-paru, kanker pankreas ataupun kanker hati. Ekstrak daun pepaya juga telah di gunakan dalam proses kemoterapi oleh penduduk di dunia. Hal ini karena ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan respon positif sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

2. Menghentikan pertumbuhan bakteri

Daun pepaya apabila di buat menjadi jus memiliki 50 bahan aktif dan senyawa kerpain yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti cacing, jamur, parasit, bakteri dan berbagai macam sel kanker. Menggunakan obat herbal daun pepaya juga di percaya mampu menghilangkan cacing di dalam usus. Hal ini dapat terjadi karena daun pepaya mengandung zat tannin yang akan melindungi usus dari infeksi pada dinding usus.

Baca juga :  Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan, Kecantikan dan Efek Sampingnya

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan imunitas tubuh menjadi manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang ke 3. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin no 2 bahwa jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif, bahan aktif ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh di dalam tubuh anda maka secara tidak langsung tubuh anda tidak mudah terserang virus seperti flu dan lain sebagainya.

4. Mencegah demam berdarah dan sebagai anti malaria

Dari beberapa penelitian dan studi yang telah di lakukan, menunjukan ekstrak daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berguna untuk meningkatkan trombosit. Selain itu manfaat daun pepaya juga dapat mencegah penyakit malaria. Hal ini tidak lepas dari kandungan anti malaria yang di miliki daun ini.

Manfaat daun pepaya untuk obat tradisional

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, daun yang memiliki rasa pahit ini di kenal sebagai obat tradisional. Karena beberapa daun yang memiliki rasa pahit memang dapat di gunakan sebagai obat tradisional seperti manfaat daun binahong.

1. Obat penambah nafsu makan

Daun pepaya yang selama ini Anda anggap hanya untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam sayuran ternyata memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mencari obat penambah nafsu makan di apotek, karena disini anda telah menemukan obat penambah nafsu makan yang alami dengan manfaat daun pepaya. Selain alami, daun ini juga mudah di temui di sekitar rumah anda.

Untuk meramu obat penambah nafsu makan dari daun pepaya Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti garam, air hangat, dan daun pepaya yang masih segar. Kemudian campurlah semua bahan tersebut dan ambil daun pepaya yang telah dicampur lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu saring air dari tumbukan daun pepaya tersebut kemudian diminum.

Baca juga :  Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Obat Tradisional

2. Obat nyeri datang bulan

Untuk para wanita yang dalam masa menstruasi dan mengalami nyeri pada saat itu bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat pereda nyeri datang bulan yang bisa diracik secara tradisional dengan cara yang mudah. Baca juga artikel manfaat daun sirih yang tak kalah juga khasiatnya dengan manfaat daun pepaya.

Disini Anda hanya perlu menyiapkan asam jawa, garam, dan satu lembar daun pepaya mentah dan kemudian dicampur dengan 3 gelas air. Rebus ketiga bahan tersebut dalam panci yang berisi 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Kemudian Anda dapat meminum ramuan tersebut setelah disaring dan lakukan selama masa datang bulan.



3. Obat untuk melancarkan sistem pencernaan

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Walaupun selama ini kita kenal daun jambu sebagai obat untuk melancarkan pencernaan yang alami tetapi pada daun pepaya juga terdapat khasiat tersebut. Jika Anda saat ini mengalami gangguan pencernaan, maka Anda dapat menggunakan daun pepaya sebagai obat tradisional untuk melancarkan pencernaan.

Caranya sangat mudah yaitu Anda tinggal merebus daun pepaya tersebut lalu mengkonsumsinya. Namun jika Anda tidak terlalu suka dengan cara langsung mengkonsumsinya, maka anda dapat mencampurnya dalam adonan makanan, dibuat tumis, atau pecel.

4. Obat Penghilang Jerawat

Manfaat daun pepaya untuk menghilangkan jerawat. Jika Anda ingin mencoba menghilangkan masalah jerawat pada wajah Anda cobalah mengikuti langkahnya berikut ini.

Pertama, siapkan dau pepaya yang sudah tua sebanyak 2 lembar kemudian jemur selama beberapa jam dibawah sinar matahari. Setelah itu tumbuklah daun tersebut dan campurkan sedikit air hangat supaya daun tersebut mudah hancur. Selanjutnya oleskan hasil tumbukan daun pepaya tersebut pada bagian wajah Anda yang berjerawat. Langkah terakhir adalah membiarkan olesan tersebut pada wajah Anda selama 30 menit lalu cuci wajah Anda sampai bersih. Apabila Anda melakukan langkah tersebut secara berkala, maka sedikit demi sedikit jerawat pada wajah Anda akan menghilang.

Baca juga :  Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat daun pepaya untuk kecantikan

Ini merupakan kabar gembira bagi para wanita. Karena ketika anda menggunakan manfaat daun pepaya untuk kecantikan, anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon ataupun spa. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun pepaya untuk kecantikan.

1. Membersihkan kulit

Daun pepaya di percaya mampu membersihkan kulit karena memiliki kandungan karpain yang dapat menghambat mikroorganisme serta racun lainnya. Kandungan ini akan membuat kulit anda menjadi lebih bersih, terhindar dari jerawat serta bintik-bintik hitam yang selama ini menghiasi wajah anda.

2. Membasmi ketombe di rambut

Taukah anda bahwa pembuatan sampo anti ketombe menggunakan bahan dasar ekstrak daun pepaya? Ya, memang benar adanya jika ekstrak daun pepaya ini dapat membantu menghambat produksi ketombe. Lagi-lagi senyawa karpain yang berperan penting di sini. Senyawa ini dapat menghilangkan kotoran, bahan kimia dan minyak. Salah satu keunggulan bahan alami adalah tidak memliki efek samping, jadi anda tidak perlu kawatir akan efek samping yang akan timbul ketika menggunakan manfaat daun pepaya untuk menghilangkan ketombe.

3. Sebagai kondisioner

Daun pepaya juga sering di gunakan sebagai konsisioner alami. Selain murah, bahan yang di gunakan juga sangat mudah di temukan. Bahan lain yang dapat anda gunakan untuk kondisioner alami adalah santan. Anda bisa membaca manfaat santan untuk rambut jika ingin mengetahui lebih banyak.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, kecantikan dan obat tradisional yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih telah membaca artikel sederhana ini hingga selesai, jika anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong share ke media social seperti facebook dan twitter ya. Terimakasih



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.