Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan, Kecantikan dan Efek Sampingnya


Manfaat daun binahong saat ini sudah banyak di ketahui orang. Binahong merupakan salah satu tumbuhan yang dapat di jadikan obat, tumbuhan ini berasal dari Korea. Daun ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Di indonesia, daun ini sering di gunakan sebagai tanaman hias, mungkin karena pemiliknya belum mengatahui manfaat daun binahong, sehingga hanya membatnya menjadi tanaman hias.

Beberapa manfaat daun binahong yang perlu anda ketahui

Manfaat daun binahong

Daun Binahong biasanya juga di gunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Misalnya untuk mengobati stroke, pusing-pusing, penga-pegal, sakit perut, membantu menyembuhkan diabetes, meringankan wasir atau ambeyen, menghentikan mimisan dan bahkan juga bisa mengobati tumor dan kanker. Di dalam daun Binahong juga terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi mereduksi radikal bebas, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang membahayakan bagi tubuh kita.

1. Manfaat daun binahong untuk kecantikan

Wajah yang cantik tentu yang tidak memiliki jerawat, jika anda memiliki jerawat yang menganggu penampilan, daun binahong adalah salah satu solusinya. Karena tumbuhan ini dapat mengobati jerawat. Untuk melakukannya anda cukup menumbuk 5 buah daun binahong sampai terlihat lembut, kemudian mengoleskannya pada wajah yang memiliki jerawat. Lakukan ini secara rutin, pada pagi atau malam hari agar anda dapat merasakan khasiat daun binahong bagi kecantikan.

Baca juga :  Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Mengobati luka luar

Selain dapat mengobati jerawat, manfaat daun binahong juga dapat mengobati luka luar pada bagian tubuh kita. Di dalam daun binahong terdapat anti mikroba yang bersifat reaktif terhadap kuman, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka bakar ataupun luka lainnya. Untuk melakukan pengobatan dengan metode ini, silahkan tumbuk atau kunyah beberapa lembar daun binhaong sampai lembut, kemudian tempelkan pada luka yang ada di tubuh anda. Lakukan hal ini secara rutin juga, agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Membantu mengatasi gagar otak

Manfaat daun binahong lainnya adalah dapat membantu mengatasi gagar otak. Cara penggunaanya sangat mudah sekali. Pertama, ambil 10 lembar daun binahong berseta 2 gelas air bersih. Kedua, cucilah daun ini hingga bersih dan rebus daun binahong dengan 2 gelas air yang telah di persiapkan sebelumnya, setelah itu tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, saringlah air rebusan dan obat tradisional pun sudah siap untuk di minum. Minumlah air rebusan daun binahong pada saat masih hangat agar terasa lebih nikmat. Agar dapat membantu meringankan gagar otak, lakukan cara ini secara rutin.

Baca juga :  Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Obat Tradisional

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di dalam daun binahong juga terdapat asam askorbat yang berfungsi sebagai penambah antibody, dan hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Mulailah mengkonsumsi tanaman obat ini agar daya tahan tubuh anda menjadi lebih baik serta tidak mudah terserang virus.

5. Melawan penyakit kanker

Antioksidan yang terdapat pada manfaat daun binahong di percaya mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Dengan kandungan itu, daun binahong dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh anda. Cara membuat ramuan herbal ini yaitu dengan menyiapkan 1000 cc air, daun binahong kering sekitar 30 gram. Selanjutnya rebus kedua bahan yang telah di siapkan tadi, biarkan hingga airnya berkurang dan tersisa 600 cc. Anda bisa membagi air rebusan tadi agar bisa di minum 3 kali sehari.



Efek samping daun binahong

Setelah membahas manfaat daun binahong, saya juga akan menjelaskan beberapa efek samping daun binahong. Daun binahong merupakan tumbuhan herbal yang memiliki kandungan efedrin. Kandungan ini terkait dengan serangan jantung, tekanan darah tinggi, kejang, stroke, gangguan otot, denyut jantung tidak teratur, kematian dan kehilangan kesadaran. Jika anda ingin membuat ramuan dari tumbuhan herbal yang memiliki kandungan efedrin, sebaiknya anda membuatnya dengan sangat hati-hati, atau jika perlu minta orang yang sudah ahli di bidangnya untuk membantu. Efek samping lain yang dapat di timbulkan yaitu gelisah, pusing, mudah marah, nafsu makan berkurang, susah tidur, sakit kepala, muntah, kesemutan, jantung berdebar dan susah buang air kecil.

Baca juga :  Manfaat Daun Ubi Jalar yang Baik bagi Kesehatan Tubuh Kita

Jika anda sudah memutuskan untuk menggunakan daun binahong untuk menjadi obat herbal, sebaiknya jangan di gunakan atau di campur dengan bahan lainnya, misalnya kafein yang terdapat pada kopi, kacang kola, dan teh. Karena akan meningkatkan timbulnya efek samping yang dapat mengakibatkan kematian. Sebaiknya hindari tumbuhan herbal ini jika anda memiliki masalah nyeri pada bagian dada.

Hidup sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Dan mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga setelah anda mengetahui manfaat daun binahong, anda dapat menggunakannya sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.