Cari Tau apa Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan Tubuh Kita


Buah salak adalah buah yang sangat popular di Indonesia. Selain harganya cukup terjangkau, buah ini termasuk gampang ditemukan, baik di pasar modern maupun tradisional. Rasanya yang unik membuat buah ini disukai segala usia. Jenis buah salak yang tumbuh di Indonesia juga bermacam-macam. Beberapa yang terkenal misalnya, salak pondoh dari Jogja, salak bali, hingga salak banjarnegara yang besar-besar dan sepat. Tapi tahukah Anda, selain rasanya yang enak, manfaat buah salak bagi kesehatan ternyata sangat besar.

Manfaat Buah Salak yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat buah salak

Kandungan gizi yang membuat khasiat buah salak sangat banyak diantaranya adalah protein, fosfor, vitamin C, Betakaroten, karbohidrat, serat, zat besi, kalsium, vitamin B dan mineral penting lainnya. Jadi, dalam buah berwarna putih atau putih kekuningan yang manis, asam dan sedikit sepat itu ternyata kandungan buah salak begitu besar. Ingin tahu lebih lengkap? Berikut ini 4 manfaat buah salak bagi kesehatan.

1. Menjaga Mata Tetap Sehat

Selama ini orang menganggap bahwa betakaroten dan vitamin A tertinggi ada pada wortel. Padahal, salak ternyata mengandung betakaroten lebih banyak dari wortel, tomat atau semangka. Kandungan buah salak yang tinggi kadar betakarotennya tentu sangat baik menjaga kesehatan mata. Bila Anda atau anak Anda susah makan wortel karena tidak menyukai rasanya, mungkin Anda bisa mencoba buah salak karena memiliki rasa yang lebih enak.

Baca juga :  Cari Tau Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil Tua dan Muda serta Janinnya

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah salak ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah drop ataupun sakit. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi pada buah salak, cukup untuk kebutuhan Anda sehari-hari. Kandungan vitamin buah salak khususnya vitamin C ini, akan membuat Anda terbebas dari sariawan dan panas dalam. Dengan memiliki ketahanan tubuh yang baik, tentu Anda tidak akan gampang sakit.

3. Baik untuk diet dan banyak mengandung serat alami

Bila ada mengkonsumsi buah salak, konsumsilah bersama dengan kulit ari yang melapisi salak. Kulit ari yang ada memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk membantu pencernaan agar tetap sehat. Serat dan karbohidrat yang terkandung dalam manfaat buah salak akan membuat Anda lebih tahan terhadap rasa lapar sehingga sangat baik untuk program “diet karbo” yang Anda jalankan. Kesehatan pencernaan yang Anda miliki akan membantu organ tubuh bekerja dengan optimal. Selain itu, Anda juga bisa membaca manfaat sayur bayam, agar diet yang sedang Anda jalani mendapat hasil yang memuaskan.

Baca juga :  Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Anda Harus Tau!


4. Baik untuk mencegah penyakit diare

Manfaat buah salak lainnya adalah sebagai anti diare. Kandungan bahan obat diare pada salak yaitu tannin banyak dipercaya dan digunakan untuk melakukan pengobatan diare. Pada musim yang sering berubah, akan secara tidak langsung akan menurunkan kualitas kesehatan makanan, terutama bagi Anda yang sering makan di luar. Untuk melakukan pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi salak minimal 2 buah sehari. Namun bila Anda telah kena diare, Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak dan tanpa khawatir over dosis. Selain buah Salak, manfaat daun salam juga bisa menjadi alternatif obat diare.

Kandungan antioksidan salak juga cukup tinggi, karena itu, dengan mengkonsumsi salak, Anda akan terhindar dari kanker yang mengancam. Antioksidan alami yang terkandung dalam buah salak tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Selain itu, manfaat buah salak yang lain adalah mendukung kecerdasan otak. Hal ini dikarenakan kandungan potassium dan pectin yang memperlancar suplai darah dan oksigen ke otak. Sehingga mengkonsumsi buah salak juga baik bagi anak-anak dan ibu hamil.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.