Manfaat Biji Alpukat untuk Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya


Manfaat Biji Alpukat untuk Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya – Mengkonsumsi buah alpukat mungkin merupakan hal yang biasa. Tapi bagaimana dengan bijinya? Masih sedikit orang yang mengkonsumsi biji dari buah alpukat ini. Padahal manfaat biji alpukat sangat baik untuk mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit berbahaya. Khasiat biji alpukat ini diperoleh berkat nutrisi yang dikandungnya. Biji alpukat kaya akan vitamin B2, B3 dan vitamin C. Tidak hanya itu, biji alpukat juga banyak mengandung antioksidan, tanin, triterpenoid serta flavonoid.

Manfaat Biji Alpukat untuk Mencegah dan Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat biji alpukat

Biji alpukat tentu tidak bisa langsung dikonsumsi. Untuk mengambil kegunaan biji alpukat ini, kita bisa merebusnya selama 5-10 menit. Kemudian air rebusan tersebut diminum. Cara lainnya adalah dengan mengiris biji tipis-tipis, kemudian menjemurnya. Biji alpukat yang telah kering dapat disimpan untuk waktu yang lama. Jika hendak mengkonsumsinya, kita bisa menumbuk atau menggilingnya hingga halus, lalu menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya. Dengan cara tersebut manfaat biji alpukat bisa diperoleh. Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah:

Baca juga :  Yuk Cari Tau 9 Manfaat Buah Kiwi, Nomor 8 Jarang Diketahui!

Mengobati diabetes

Manfaat biji buah alpukat untuk menyembuhkan diabetes diperoleh berkat kandungan tanin, flavonoid dan juga triterpenoidnya. Tanin mampu berperan sebagai astrigen, yang bersama-sama protein membentuk lapisan pada permukaan usus. Lapisan ini akan mengurangi penyerapan sari makanan dan glukosa. Flavonoid pada biji alpukat dapat menghambat kerja enzim yang akan memecah karbohidrat untuk membentuk gula sederhana. Selain itu, triterpenoidnya mampu meningkatkan kadar leptin maupun hormon insulin yang dibutuhkan untuk menurunkan gula darah.

Mencegah kanker

Tidak hanya diabetes, manfaat biji buah alpukat juga mampu mencegah timbulnya penyakit kanker. Senyawa flavonoid dalam biji ini terdiri dari myricetin, quercetin dan juga kaemferol yang merupakan zat anti-kanker. Selain itu, biji alpukat juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kanker memang dapat disebabkan oleh radikal bebas yang dibawa oleh polusi udara maupun pengawet makanan. Dengan mengkonsumsi antioksidan pada biji alpukat, penyakit yang mematikan inipun dapat dicegah.

Mengobati penyakit maag

Penyakit maag telah menyerang begitu banyak orang. Terkadang kita meremehkan penyakit ini dan menganggapnya hanya sebagai penyakit ringan saja. Padahal jika dibiarkan, maag yang ringan dapat meningkat menjadi luka lambung ataupun menyebabkan lengketnya lambung. Kedua kondisi ini dapat berakhir dengan kematian. Manfaat biji alpukat tentu akan lebih baik untuk menyembuhkan penyakit maag daripada obat yang dijual di warung. Biji alpukat tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan seperti obat-obatan tersebut.

Baca juga :  Ini 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh Anda

Menurunkan kolesterol jahat

Buah alpukat memang telah diyakini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Tetapi tidak hanya buahnya, biji alpukat pun memiliki kemampuan yang sama. Manfaat biji alpukat untuk menurunkan kolesterol jahat ini bisa diperoleh berkat salah satu kandungannya, yaitu lemak monosaturated. Lemak ini akan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol yang jahat. Dengan turunnya kadar kolesterol ini berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti jantung juga dapat dicegah.



Mengobati tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi tidak hanya membuat kepala dan pundak terasa tidak nyaman, tetapi dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Stroke dan penggumpalan darah yang bisa mengakibatkan kematian adalah penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Karena itu, tekanan darah yang tinggi harus dapat diturunkan, salah satunya adalah dengan memaksimalkan manfaat biji alpukat. Biji ini kaya akan mineral kalium yang mampu menurunkan tensi yang tinggi. Dengan mengkonsumsi biji alpukat secara rutin, berbagai penyakit berbahaya pun dapat dihindari.

Berbagai penyakit berbahaya memang dapat dicegah dengan bahan-bahan alami seperti biji alpukat. Tetapi manfaat biji alpukat tersebut hanya dapat diperoleh jika dikonsumsi secara rutin untuk waktu yang cukup lama. Jangan mudah merasa bosan, karena bahan alami biasanya bereaksi tidak secepat obat-obatan kimia. Walaupun lebih lambat, tetapi efek samping yang berbahaya juga bisa dihindari. Selain itu, Anda juga bisa membaca manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Karena tidak hanya bijinya saja, buahnya pun memiliki khasiat yang baik.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.