Ini Manfaat Bengkoang untuk Wajah Anda agar Lebih Cantik


Sebelum saya bagikan informasi mengenai manfaat bengkoang untuk wajah. Alangkah lebih baiknya jika anda menambah wawasan sedikit untuk mengetahui lebih mendalam tentang buah yang satu ini. Bengkoang merupakan liana tahunan yang panjangnya dapat mencapai 4 -5 m, sedangkan akarnya dapat mencapai 2 m. Batangnya menjalar dan membelit , dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah. Daunnya majemuk menyirip beranak daun 3 bertangkai 8,5-16 cm, anak daun berbentuk seperti telur yang melebar dengan ujung yang runcing dan bergigi besar, berambut di kedua belah sisinya, dan biasanya anak daun yang paling ujung adalah yang paling besar berbentuk belah ketupat. Bengkoang dikenal dari kingdom umbi (cormus), biasanya digunakan untuk komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari amerika tropis ini dikenal dalam suku polong-polongan. Oh iya, orang jawa biasanya menyebut bengkoang ini dengan sebutan besusu.

Jika anda ingin cantik alami jangan lupa untuk menggunakan buah bengkoang, manfaat bengkoang untuk wajah diantaranya adalah untuk menghaluskan kulit wajah dan memutihkan kulit wajah. Tahukah anda sebenarnya selain bengkoang bermanfaat untuk kecantikan, bengkoang juga bermanfaat untuk kesehatan loh. Kita intip dulu yuk kandungan dan manfaat bengkoang selain untuk kecantikan wajah, yaitu ada kandungan vitamin c yang digunakan sebagai antioksidan untuk tubuh, obat sariawan, serta untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga :  Cari Tau Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Kandungan Buah Bengkoang

Manfaat bengkoang untuk wajah

Bengkoang juga memiliki kandungan alkali yang dapat menyembuhkan penyakit magh karena mampu menstabilkan kadar asam lambung. Kandungan lainnya yang dimiliki bengkoang adalah insulin yang memberikan rasa manis namun tidak membahayakan penderita diabetes. Dan yang terakhir kandungan fosfor yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan gigi dan tulang. Nah itu tadi manfaat bengkoang untuk kesehatan tubuh kita, kemudian pada topic selanjutnya saya akan paparkan mengenai manfaat bengkoang untuk wajah.

Manfaat Bengkoang untuk Wajah

Yang biasanya dilakukan oleh para wanita dengan buah yang satu ini adalah untuk perawatan wajah mereka. Dengan memanfaatkan bengkoang agar dapat menjaga dan melindungi sisi cantiknya. Baik itu melalui perawatan alami maupun dengan perawatan non alami lainnya. Lalu sebenarnya apa manfaat bengkoang untuk wajah? Anda sebagai wanita pasti menginginkan kecantikan alami yang terpancar dari wajah anda. Jika anda menggunakan buah bengkoang sebagai bahan dasar untuk perawatan wajah, berarti anda menjatuhkan pilihan yang tepat.

1. Mencerahkan kulit wajah

Setiap orang menginginkan kulit wajah yang cerah dan bersih dari noda-noda hitam. Seperti manfaat bengkoang untuk wajah yang pertama yaitu membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam yang menempel di wajah anda. Hal ini dapat terjadi karena di dalam buah bengkoang terdapat kandungan sari pati yang sudah di percaya sangat baik untuk di gunakan sebagai bahan kecantikan. Bagi anda yang ingin mencoba cara membuat kulit lebih cerah dengan bengkoang bisa mengikuti cara membuat masker bengkoang di bawah ini.

Baca juga :  Inilah 6 Manfaat Buah Mangga yang Wajib Anda Ketahui


Cara membuat masker bengkoang
Berikut ini adalah cara membuatnya.
1. Ambilah buah bengkoang segar, kupas kemudian cuci hingga bersih
2. Setelah di cuci sampai bersih, anda bisa parut bengkoang tersebut
3. Setelah di parut diamkan hingga beberapa menit agar sari patinya muncul
4. Kemudian buang air parutan tadi dan gunakan sari patinya sebagai masker.
Gunakan masker bengkoang untuk wajah secara rutin, agar hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal. Malam hari sebelum tidur adalah salah satu waktu penggunaan masker bengkoang yang baik

2. Dapat mencegah penuaan dini

Manfaat yang kedua adalah untuk mencegah penuaan dini pada wajah. Kandungan vitamin c pada bengkoang sangat ampuh khasiatnya untuk mencegah penuaan dini pada wajah anda. Selain itu kandungan vitamin c pada bengkoang juga bisa untuk melindungi kulit dari radikal bebas sinar matahari. Pemanfaatan bengkoang ini dapat dilakukan dengan dimakan secara langsung atau dijadikan masker. Untuk membuatnya menjadi masker, anda bisa melihat point pertama tadi. Penggunaan masker yang baik biasanya di lakukan pada malam hari.

3. Membuat kulit wajah lebih sehat

Manfaat bengkoang untuk wajah selanjutnya adalah dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Di dalam buah bengkoang terdapat kandungan mineral dan vitamin c yang sudah lama di percaya dapat membuat wajah menjadi lebih sehat dan fresh. Caranya seperti manfaat buah bengkoang yang pertama, yaitu dengan membuatnya menjadi masker wajah. Selain itu anda juga bisa membuatnya menjadi jus bengkoang, apabila anda membuat jus, tambahkan sedikit gula dan madu agar memiliki rasa yang nikmat.

Baca juga :  Inilah Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan dan Obat Herbal Alami

4. Melembabkan kulit wajah

Dan manfaat terakhir bengkoang sebagai perawatan wajah adalah untuk melembabkan kulit, kandungan air yang banyak pada bengkoang memiliki unsur anti inflamasi yang berfungsi mendinginkan kulit dari rasa kering yang menyerang kulit akibat sinar matahari yang terik. Lakukan perawatan yang rutin agar anda mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila kulit wajah anda lembab, maka anda juga bisa mendapatkan manfaat bengkoang untuk wajah berjerawat.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat bengkoang untuk wajah, baik wajah kusam, berjerawat ataupun kering. Penggunaan buah bengkoang sendiri sangat beragam, tergantung selera masing-masing orang. Ada yang melakukan perawatan dengan cara membuatnya menjadi masker, ada juga yang membuatnya menjadi jus bengkoang, dan bahkan ada juga yang langsung memakan buah bengkoang. Semua itu kembali lagi kepada anda, anda lebih nyaman menggunakan cara yang mana. Cukup sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi banyak orang.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.