Manfaat Asam Folat Bagi Bayi dan Orang Dewasa


Asam folat merupakan nama lain dari vitamin B9 yang tergolong dalam vitamin-vitamin B kompleks. Vitamin yang larut dalam air ini memegang peranan penting dalam menjalankan fungsi tubuh, terutama saat periode pembelahan maupun pertumbuhan sel. Asam folat juga sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Kalau selama ini kita hanya mengetahui manfaat asam folat untuk ibu hamil, ternyata anak-anak dan orang dewasa pun sangat membutuhkan vitamin ini untuk menjaga kesehatannya.

Manfaat Asam Folat bagi Kesehatan

Manfaat asam folat

Berbagai makanan menjadi sumber dari asam folat alami. Makanan-makanan tersebut diantaranya adalah bayam, tomat, selada, sawi, kacang-kacangan, brokoli, alpukat, telur serta hati. Beberapa suplemen vitamin dan susu juga mengandung asam folat yang ditambahkan dengan sengaja. Asam folat yang terkandung pada makanan mudah larut ke dalam air, sehingga dapat hilang saat dimasak. Karenanya akan lebih baik untuk mengkonsumsinya secara mentah, sehingga manfaat vitamin B9 ini dapat dirasakan secara optimal. Adapun manfaat folat bagi bayi dan orang dewasa adalah:

Baca juga :  Wow, Ini Dia 6 Manfaat Vitamin C yang Wajib Anda Ketahui

1. Mencegah bayi lahir cacat

Fungsi asam folat yang paling populer adalah mencegah lahirnya bayi dalam kondisi cacat. Pembentukan jaringan maupun organ-organ janin sangat membutuhkan kehadiran asam folat. Jika jumlah asam folat yang dikonsumsi ibu hamil kurang, maka pertumbuhan organ tersebut tidak sempurna, dan bayi dapat mengalami berbagai cacat fisik. Manfaat asam folat lainnya adalah mencegah terjadinya cacat tabung syaraf. Pada janin, tabung syaraf ini akan berkembang membentuk sumsum tulang belakang dan otak. Kurangnya asam folat dapat menyebabkan bayi mengalami kelainan pada otak serta tulang belakang.

2. Meningkatkan kecerdasan bayi

Saat janin berada dalam kandungan, otaknya mulai tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh asam folat. Vitamin B9 ini mampu membuat otak janin tumbuh dengan sempurna. Manfaat asam folat dalam pembentukan sel-sel darah merah ternyata juga sangat menentukan kecerdasan bayi. Dengan cukupnya jumlah sel-sel darah merah yang menuju otak, maka asupan oksigen ke bagian otak janin pun akan berjalan lancar. Kecerdasan bayi pun akan semakin meningkat.

Baca juga :  Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Anda

3. Mencegah terjadinya keguguran

Keguguran bisa terjadi karena kualitas sperma kurang baik ataupun karena sel telur yang tidak menempel kuat pada rahim. Asam folat ternyata mampu meningkatkan kualitas sperma dan menekan jumlah sperma yang kurang baik maupun tidak normal. Kegunaan asam folat ini dapat menghindarkan terjadinya hamil kosong ataupun hamil anggur akibat sperma yang buruk. Keguguran juga bisa dicegah berkat asam folat yang mampu menguatkan sel-sel telur. Dengan cukupnya asupan asam folat, sel telur maupun embrio akan kuat menempel di rahim.



4. Mencegah Alzheimer

Asam folat atau vitamin B9 terbukti mampu mencegah berbagai kerusakan otak. Dengan manfaat asam folat tersebut, maka berbagai gangguan otak terutama yang disebabkan karena usia dapat dicegah. Alzheimer merupakan salah satu penyakit pada otak yang menyebabkan kepikunan parah dan banyak menyerang orang-orang yang berusia lanjut. Dengan mengkonsumsi asam folat secara rutin dan dalam jumlah yang cukup, kepikunan ini dapat dicegah.

5. Mencegah terjadinya osteoporosis

Manfaat asam folat yang terakhir adalah mencegah osteoporosis. Penyakit pada tulang ini dapat ditimbulkan oleh homosistein dalam tubuh. Asam folat ternyata mampu mengubah homosistein tersebut menjadi metionin. Dengan turunnya kadar homosistein dalam tubuh, maka ancaman osteoporosis pun dapat dicegah. Mengkonsumsi asam folat secara teratur dan dalam jumlah yang cukup akan mampu mencegah osteoporosis dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca juga :  Yuk Simak 10 Manfaat Vitamin A, Nomor 9 Wajib Kamu Ketahui!

Selain kelima manfaat asam folat diatas, masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya. Semua khasiat tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi asam folat secara rutin. Seorang wanita yang berencana untuk hamil sebaiknya mulai mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup. Sayur-sayuran hijau dapat menjadi sumber asam folat terbaik, apalagi jika dimasak tidak terlalu matang. Baca juga manfaat madu untuk ibu hamil.



Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.