Gejala Penyakit Lupus, Penyebab, dan Pengobatannya


Gejala Penyakit Lupus

Gejala Penyakit Lupus, Penyebab, dan Pengobatan Penyakit Lupus Lengkap! – Banyak pakar yang mengatakan bahwa penyakit lupus ini merupakan sebuah penyakit yang setara dengan kanker. Lupus bisa menyebar dengan sangat pesat dan penyakit ini dapat membuat penderitanya tak tertolong lagi.

Lupus sebenarnya merupakan penyakit yang timbul karena sistem kekebalan tubuh yang kemudian menyerang jaringan baik didalam tubuhnya. Sistem kekebalan tubuh yang sebenarnya memiliki fungsi untuk memerangi virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit malah membiarkan virus dan bakteri menimbulkan penyakit serta memerangi pelindung dari tubuh akibatnya bentrok terjadi antara sistem yang fungsinya sama – sama melindungi tubuh.

Penyakit lupus ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya diantaranya genetik, obat – obatan, zat kimia, hormon dan masih banyak yang lainnya. Ketika lupus menyerang sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa dikenali. Apa saja gejala penyakit lupus tersebut?

1. Gejala Penyakit Lupus 

Penyakit lupus memiliki beberapa gejala yang sering muncul. Memang gejala ini hampir mirip dengan gejala penyakit lain akan tetapi gejala ini terus menerus kemunculannya. Beberapa gejala penyakit lupus diantaranya :

Adanya rasa lelah yang ekstrim

Ini memang salah satu gejala yang paling umum dikeluhkan penderita penyakit lupus SLE. Gejala yang satu ini membuat penderita nantinya tidak dapat beraktivitas seperti seharusnya dan jika penderita tersebut memaksakan diri untuk beraktivitas yang ada penderita tersebut akan merasa lelah yang berkepanjangan.

Terjadinya ruam pada kulit

Satu lagi ciri khas dari penyakit lupus yaitu adanya ruam yang terjadi pada kulit utamanya pada area pipi serta juga batang hidungnya. Ruam ini membentuk seperti ruam kupu – kupu. Kemudian nantinya akan menyebar menuju tangan, kaki dan tubuhnya.

Rasa nyeri pada sendi

Gejala yang satu ini juga bisa muncul. Gejala utama yang paling sering muncul yaitu rasa nyeri yang tampak pada area persendian tangan serta juga persendian kaki. Rasa nyeri yang satu ini nantinya juga dapat beralih dari sendi yang satu menuju sendi yang lainnya. Akan tetapi rasa nyeri yang satu ini tidak dapat membuat sendi cacat permanen. Gejala lainnya yang akan dialami oleh penderita lupus yaitu…

Baca juga :  Daftar Manfaat Ubi Ungu untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Anemia berkepanjangan

Anemia biasanya terjadi karena sel darah merah di tubuh jumlahnya tidak memadai dan demikian juga pada penderita lupus. Karena serangan dari imunnya membuat sel darah merah di tubuh pecah dan lama – lama akan semakin sedikit dan terus menerus semakin sedikit. Akibatnya anemia yang tak terkendali akan dialami.

Sering mengalami gangguan pencernaan

Gejala lainnya yang juga muncul pada penderita penyakit lupus adalah gangguan pencernaan seperti diare, sembelit atau yang lainnya dan ini tidak terjadi sekali atau dua kali akan tetapi berkepanjangan.

Baca juga : Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan?

2. Penyebab Penyakit Lupus

Setara dengan penyakit kanker, penyakit lupus ini juga tergolong sebuah penyakit yang sangat mematikan. Penyakit lupus sendiri merupakan penyakit yang menyerang imun manusia. Penyakit lupus ini terjadi ketika jaringan yang seharusnya menyerang bibit penyakit yang masuk ke tubuh malah menyerang jaringan pertahanan tubuh sehingga perang antar jaringan yang baik terjadi. Ini merupakan kondisi abnormal dalam tubuh manusia.

Penyakit lupus sendiri ada beberapa jenisnya. Apa saja jenis – jenisnya? Diantaranya yaitu systemic lupus erythematosus, cutaneus lupus erytematosus, drug induced lupus, dan juga neonatal lupus. Ketika kondisi jaringan tubuh abnormal dan penyakit lupus menyerang sebenarnya ada beberapa tanda yang bakal dirasakan oleh penderita.

Hanya saja tanda – tanda tersebut kerapkali berbeda dan menyamai penyakit lain sehingga akibatnya lupus sulit terdeteksi. Penyakit lupus disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut informasinya!

Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Lupus

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab imun kemudian menyerang jaringan baik didalam tubuh. Beberapa faktor penyebabnya yaitu…

Kelebihan sistem kekebalan tubuh

Kelebihan sistem kekebalan tubuh ini terjadi dimana seharusnya kekebalan tubuh yang bertugas untuk menyerang virus atau penyakit didalam tubuh akan tetapi malah menyerang sistem organ yang ada didalam tubuh seperti paru – paru, jantung, ginjal, hati dan yang lainnya. Penyebab kedua yaitu…

Baca juga :  Inilah Makanan untuk Ibu Menyusui yang Wajib Anda Ketahui

Sinar matahari

Punya gen yang menderita penyakit lupus? Jika iya jangan sering – sering lah berjemur dibawah terik matahari ala turis. Ada baiknya Anda hindari dulu sinar matahari yang memapar kulit terlalu lama karena dapat menyebabkan penyakit lupus. Mereka yang sudah punya gen lupus dan rentan terserang lupus paparan sinar matahari ini menimbulkan lesi pada kulit yang merupakan gejala dari penyakit lupus atau yang dapat memicu respons internal.

Obat – obatan



Selain karena paparan sinar matahari, penyebab lainnya dari penyakit lupus adalah beberapa jenis obat – obatan seperti obat anti kejang, obat tekanan darah dan juga beberapa jenis antibiotik. Mereka yang terserang gejala lupus umumnya akan hilang gejala lupusnya jika berhenti minum obat tersebut.

Genetik

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa gen memang dapat menyebabkan penyakit lupus pada keturunannya. Karena itu Anda cari  tahu riwayat kesehatan keluarga Anda. Apakah memang ada yang menderita penyakit lupus? Jika memang benar ada maka tentu Anda harus berhati – hati karena mungkin Anda juga punya resiko yang sama.

Stres

Penyebab lainnya dari penyakit lupus ialah stres. Stres memang merupakan faktor penyebab lupus karena memicu aktifnya lupus, odapus seperti yang terdapat pada area lingkaran. Aktifnya lupus, odapus pada area lingkaran tersebut memang dipicu stres dan menyebabkan penderitanya merasa sakit, rendah diri, terbatas kegiatannya dan sebagainya.

3. Cara Mengobati Penyakit Lupus

Penyakit lupus biasanya dapat menyerang kulit, sendi, sel darah, jantung, paru- paru. Penyakit lupus sendiri memiliki gejala yang seringkali mirip dengan penyakit lain sehingga dalam mendiagnosisnya memang sangat sulit. Bahkan terkadang dokterpun salah dalam diagnosis penyakit lupus. Biasanya gejala penyakit lupus yang kerapkali muncul seperti gejala ruam kulit, gejala kelelahan, gejala sakit dan pembengkakan yang terjadi pada sendi.

Penyakit lupus tergolong penyakit yang sangat serius dan harus ditangani dengan sangat baik. Lantas seperti apa langkah yang paling tepat dalam menangani dan pengobatan penyakit lupus?

Sebenarnya penyakit lupus merupakan penyakit yang  tidak bisa disembuhkan. Jika dilakukan pengobatan itu hanya meringankan gejala dan meminimalisir dampak. Beberapa pengobatan penyakit lupus yang bisa dilakukan yaitu…

Baca juga :  Manfaat Semut Jepang untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

Obat antiinflamasi non steroid

Salah satu  cara yang bisa Anda lakukan dalam mengobati lupus yaitu dengan mengonsumsi obat antiinflamasi non steroid. Beberapa jenis obat antiinflamasi non steroid seperti ibuprofen, naproxen, diclofenac serta juga piroxecam dapat Anda gunakan.

Kortikosteroid

Langkah lainnya dalam menangani penyakit lupus yaitu dengan kortikosteroid yang dapat membantu Anda untuk mengurangi inflamasi secara cepat dan juga efektif. Jenis obat yang satu ini memang biasanya akan diberikan oleh dokter ketika gejala yang dialami oleh penderita penyakit lupus tergolong parah. Dalam pengobatan penyakit lupus dengan kortikosteroid akan ada beberapa efek samping yang dialami yaitu penipisan tulang, penipisan kulit, peningkatan berat badan serta juga tekanan darah tinggi akan tetapi efek tersebut tidak akan bertahan lama.

Baca : Manfaat Natur E Untuk Kulit serta Wajah

Hidroxychloroquine

Hidroxychloroquine ini merupakan salah satu jenis obat yang paling sering digunakan untuk pengobatan penyakit malaria akan tetapi sebenarnya selain ampuh mengobati penyakit malaria, hidroxychloroquine ini juga dapat digunakan terapi penyakit lupus.

Fungsinya memang bukan untuk mengobati secara ampuh dan menyembuhkan total penyakit lupus karena memang sangat sulit mengobati penyakit lupus secara ampuh mengingat sampai saat ini belum ada obat untuk mengobati penyakit lupus. Akan tetapi cara ini terbukti efektif untu mencegah serangan dan meminimalisir penyakit lupus semakin parah.

Karena itu jaga kesehatan Anda dari sekarang, jangan terlalu lelah juga dalam beraktivitas. Dan satu lagi, upayakan untuk menghindari produk–produk serta makanan yang kurang baik. Semoga informasi diatas mengenai Gejala Penyakit Lupus, Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Lupus bermanfaat. Mari menjaga kesehatan sedari sekarang dan syukuri apa yang telah Tuhan berikan



Tags:

Add Comment

Share This

Berbagi itu indah!

Bagikan ke teman kamu di social media, biar mereka gak ketinggalan informasi.